Tunggakan Iuran Peserta BPJS Kesehatan di Magelang Capai Rp6 Miliar Periode Januari-Mei 2022

BPJS Kesehatan Magelang mencatat total tunggakan iuran yang belum dibayar peserta mencapai Rp6 miliar dalam kurun waktu sepanjang Januari-Mei 2022.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kabupaten Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda sagita Ginting 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - BPJS Kesehatan Magelang mencatat total tunggakan iuran yang belum dibayar peserta mencapai Rp6 miliar dalam kurun waktu sepanjang Januari-Mei 2022.

Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan, BPJS Kesehatan Cabang Magelang Devi Andreastuty, total tunggakan tersebut berasal dari perserta yang belum membayar tunggakan sebanyak 66.960 jiwa.

Baca juga: PSS Sleman Tanpa Pemain Asing Lawan Persis Solo, Seto Nurdiyantoro Tegaskan Bakal Repotkan Lawan

"Angka tersebut didapat dari wilayah yang dibawahi BPJS Kesehatan Magelang yakni Kota Magelang , Kabupaten Magelang , dan Temanggung. Untuk tunggakan palong besar di Kabupaten Magelang , karena kan jumlah penduduknya paling besar," tuturnya.

Tingginya angka tunggakan iuran peserta, lanjutnya, turut dipengaruhi adanya musibah pandemi selama dua tahun. Sehingga, kemungkinan besar peserta kesulitan membayar.

"Kan, kalau bulan ini tidak dibayar, tunggakannya bulan depan juga pasti akan bertambah, begitupun bulan tunggakannya. Tentu, kalau secara rupiahnya bertambah maka bulannya juga," ujarnya.

Baca juga: PP Hapkido Gelar Diklat Pelatih Jepang PON 2024

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Magelang Ni Ketut Sri Budiani menuturkan, pihaknya memfasilitasi masyarakat yang menunggak dengan program ada program rencana pembayaran bertahap (Rehap).

"Benar, pembayaran bisa dilakukan bertahap melalui Rehab atau program cicilan. Sehingga peserta ada keringanan untuk membayar dengan cara mencicil sesuai dengan yang dipilih. Ini khusus untuk tagihan di atas 3 bulan," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved