Tips Sehat

Hindari Kematian Dini! Ini Tiga Langkah Cara Mengatasi Hipertensi Menurut Spesialis Jantung

Spesialis jantung dari Pusat Kesehatan Jantung Banner R Todd Hurst, MD, FACC, FASE, mengungkapkan ada 3 hal terpenting untuk menurunkan tekanan darah

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
ist
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Risiko hipertensi seperti kematian dini, penyakit jantung dan gagal ginjal, serta kecacatan yang disebabkan tekanan darah tinggi dapat dicegah. 

Spesialis jantung dari Pusat Kesehatan Jantung Banner – University Medicine Heart Institute, R Todd Hurst, MD, FACC, FASE, mengungkapkan ada tiga hal terpenting yang harus diketahui untuk menurunkan tekanan darah, yang selanjutnya bisa menyelamatkan nyawa.

Berikut tiga langkah cara mengatasi hipertensi menurut Spesialis jantung dari Pusat Kesehatan Jantung Banner – University Medicine Heart Institute, R Todd Hurst, MD, FACC, FASE: 

Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi
Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi (unair.ac.id)

Baca juga: Waspada Hipertensi: Fakta Kunci Tekanan Darah Tinggi versi WHO, Lakukan 7 Hal Ini untuk Pencegahan

1. Ketahui tekanan darah Anda

Periksa secara rutin tekanan darah Anda di rumah. Banyak alat pengukur tekanan darah atau tensi meter dengan harga terjangkau.

Secara teratur periksa tekanan darah Anda di rumah. Sangat penting untuk duduk tenang selama 5 menit sebelum melakukannya.

“Jika sudah terbiasa, ini akan membuat Anda menjadi ahli mengukur tekanan darah Anda sendiri, yang nantinya catatatn tekanan darah Anda bisa membantu memandu dokter Anda dalam pilihan pengobatan terbaik,” kata Hurst.

Bicarakan dengan dokter Anda, seberapa sering harus memeriksa tekanan darah Anda dan kapan waktu terbaik untuk memeriksanya.

2. Obati penyebab hipertensi

Bila keran air dapur Anda terus menyala dan menyebabkan air menggenang, maka hal pertama yang akan dilakukan adalah mematikan keran.

Logika yang sama berlaku untuk perawatan hiertensi. Jika Anda mengetahui penyebabnya, pengobatan terbaik adalah menghilangkan penyebabnya.

Hurst menyebutkan enam penyebab umum hipertensi, yaitu:

- Terlalu banyak duduk, minim aktivitas. Padahal sebenarnya, tingkat aktivitas yang sederhana dapat menurunkan tekanan darah Anda dan meminimalkan pengobatan.

- Terlalu banyak makan makanan olahan. Terutama makanan olahan yang tinggi natrium.

- Berada pada berat badan yang tidak sehat. Kehilangan 5 % -10

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved