Pilpres 2024

Pilpres 2024: KPU Garansi PKPU Tahapan dan Jadwal Pemilu Terbit Paling Lambat 10 Juni 2022

Pilpres 2024 semakin dekat. Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan dan jadwal Pemilu 2024 pun segera diterbitkan.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

TRIBUNJOGJA.COM - Pilpres 2024 semakin dekat. Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan dan jadwal Pemilu 2024 pun segera diterbitkan. 

Ilustrasi Pemilu
Ilustrasi Pemilu (Istimewa)

Jika semula banyak kalangan mempertanyakan mengapa tahapan dan jadwal Pemilu 2024 belum diterbitkan, KPU kali ini menegaskan bahwa PKPU akan terbit paling lambat 10 Juni 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari. 

"Insya Allah dalam pekan ini. Hari ini Selasa, hitungannya kalau hari kerja, paling lambat Jumat (10/6/2022) diundangkan," kata Ketua KPU di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Hasyim Asy'ari optimistis bahwa PKPU tentang tahapan dan jadwal Pemilu 2022 tersebut bakal diundangkan sebelum tahapan pemilu dimulai 14 Juni 2022.

Ia menepis anggapan bahwa kualitas pemilu bakal menurun karena PKPU tersebut tak kunjung terbit padahal tahapan pemilu sudah di depan mata.

"Insya Allah tidak ada problem, dalam arti, semua orang sudah tahu 14 Juni 2022 adalah dimulainya tahapan Pemilu 2024.

"Persetujuan dan kesepakatan para pihak akan kita peroleh pada hari ini," ungkap Hasyim, laporan kompas.com dikutip Tribun Jogja hari ini.

Hasyim dan jajaran dijadwalkan menghadiri Rapat Kerja bersama Komisi II DPR RI dan perwakilan pemerintah untuk membahas PKPU dan berbagai teknis kepemiluan lain.

"Proses berikutnya di internal KPU, sekiranya ada catatan atau masukan pada forum ini, akan dilakukan sinkronisasi lagi, finalisasi, dan dilakukan harmonisasi, dan pengundangan di Kementerian Hukum dan HAM," jelasnya.

Ia menegaskan bahwa sejak awal, KPU telah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM sebagai pihak yang bertugas dan berwenang mengundangkan Peraturan KPU.

"Sehingga insya Allah kalau semuanya sudah beres hari ini, dalam waktu yang tidak terlalu lama, pekan ini lah, diundangkan," ujar Hasyim.

Anggota KPU Mochammad Afifuddin sebelumnya mengatakan, pengesahan PKPU Tahapan Pemilu 2024 masih terganjal diskusi lama masa kampanye. Namun kini masa kampanye Pemilu sudah ditetapkan 75 hari.

(*/)

Artikel tayang di https://nasional.kompas.com/read/2022/06/07/kpu-tahapan-dan-jadwal-pemilu-2024-paling-lambat-diundangkan-10-juni-2022

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved