Inspiring Beauty

Risma Kejar Cita-Cita Jadi Pemain Timnas Sepakbola Wanita Indonesia

CITA-cita menjadi pemain Timnas Sepakbola Wanita Indonesia dijadikan pelecut semangat dara bernama lengkap Risma Suci Wahyuningrum.

Penulis: Yudha Kristiawan | Editor: Agus Wahyu
TRIBUN JOGJA/BAYU RUSBIYANTO
Risma Suci Wahyuningrum 

CITA-cita menjadi pemain Timnas Sepakbola Wanita Indonesia dijadikan pelecut semangat dara bernama lengkap Risma Suci Wahyuningrum. Demi mewujudkan cita-cita tersebut, Risma begitu ia akrab disapa, serius meniti kariernya sebagai atlet sepakbola.

Kini, Risma tergabung bersama GMM Kartini, sebuah klub sepakbola wanita yang ada di Kota Wonosobo. Risma dipercaya menempati posisi pemain belakang atau bek. Rupanya, ada alasan kuat Risma dipercaya menjadi seorang defender.

Risma memiliki kelebihan dalam hal berlari dan kedua kakinya sama-sama kuat. Risma pun kadang menempati posisi bek kanan maupun kiri.

Kelebihan Risma dalam berlari tampaknya memiliki cerita tersendiri yang kurang mengenakkan untuk diingat. Ketika lulus SMP, Risma ternyata sempat mendapatkan tawaran untuk mengikuti seleksi sebagai atlet lari.

Kala itu, Risma memang sangat ingin menjadi seorang atlet lari. Risma kerap mengikuti lomba lari hingga tingkat Kabupaten dan mendapatkan prestasi.

"Sayangnya dulu orang tua memang tak memperbolehkan aku meneruskan jadi atlet lari. Padahal, aku pengin banget. Sudah nego tapi tetap ngga dikasih izin, ya sudah saya harus memenuhi permintaan orang tua, tanpa restu orang tua saya ngga berani," ungkap Risma.

Sejatinya, Risma mendapatkan kesempatan untuk bergabung menjadi altet lari dan mengikuti pelatihan di sekolah atletik di Jakarta. Namun, lantaran berbagai pertimbangan dari kedua orang tuanya, Risma saat itu tak diizinkan.

Meski sudah mengubur dalam-dalam mimpinya menjadi atlet lari, Risma bersyukur karena sudah diizinkan kedua orang tuanya menjadi atlet sepakbola profesional. Risma masih tetap bisa memaksimalkan bakatnya berlari di sepakbola.

Perjalanan karier Risma di dunia sepakbola berawal saat ia diajak seorang temannya bermain futsal. Setelah itu, Risma juga diajak bermain sepakbola.

Tak lama kemudian, Risma disarankan temannya untuk ikut sekolah sepakbola. "Kata teman, aku ada bakat di sepakbola. Ya sudah aku ikut SSB, baru tiga bulan berlatih sudah ditawarin klub GMM Kartini Wonosobo sampai sekarang ini," tuturnya.

Bagi Risma, sepakbola adalah olahraga yang menjadi pilihannya untuk berkarier. Risma optimistis masa depan atlet sepakbola wanita di Indonesia bakal terus menjanjikan.

Risma pun ingin kelak bisa membanggakan orang tua dan negara melalui prestasi di sepakbola. "Semoga kelak aku bisa masuk Timnas dan bisa memberikan prestasi terbaik. Amin," doa Risma. (yud)

Rajin Latihan Sendiri
UNTUK menjaga kebugaran badan, Risma rutin berolahraga. Risma memilih renang dan gym sebagai olahraga paling ia sukai. Dara kelahiran Wonosobo, 22 November 2002 ini bisa tiga kali seminggu berenang maupun berlatih gym.

Sementara untuk meningkatkan kemampuan bermain, Risma juga rutin latihan mandiri. Kebetulan, Risma tinggal di dekat lapangan sepakbola, sehingga memudahkan ia berlatih setiap saat.

"Latihan itu bakal sangat berpengaruh pada saat kita bertanding. Tak hanya soal fisik, tapi juga skill. Semakin sering berlatih dengan baik dan benar, harapannya bisa memberikan permainan terbaik saat bertanding," katanya.

Di luar aktivitas di dunia sepakbola, Risma memiliki kesibukan lain, yakni bisnis online. Menurutnya, bisnis online ini bisa menjadi ajang memperluas relasinya.

Tak jauh dari dunia sepakbola dan wanita, beberapa barang yang dijual Risma secara online berhubungan dua hal tersebut. Hanya saja, sementara ini, bisnis online tersebut masih ia tangguhkan karena tak cukup waktu untuk menjalankannya.

"Belakangan ini padat jadwal tandingnya, jadi mau fokus dulu aja supaya dapat hasil terbaik. Kalau waktunya nanti banyak luang, mulai bisnis online lagi," kata Risma. (yud)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved