Sambut Hari Lingkungan Hidup, SayaPilihBumi Selenggarakan Gerakan Saling Bertukar

SayaPilihBumi menggelar kegiatan Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar di Bentara Budaya Jakarta

Istimewa
SayaPilihBumi menggelar kegiatan Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar di Bentara Budaya Jakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup pada tanggal 5 Juni, serta kepedulian terhadap sampah tekstil dan mengampanyekan tentang fesyen berkelanjutan, SayaPilihBumi menggelar kegiatan Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan.

Sejatinya, kegiatan barter merupakan sistem perdagangan yang di dalamnya terdapat kegiatan tukar-menukar barang.

Barter.in sendiri adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk meminimalisir tingkat konsumerisme masyarakat untuk kebutuhan sehari hari sekaligus mengampanyekan gerakan #TakPerluBeliBaru dengan cara tukar menukar satu dan lainnya.

“Barter.in ini adalah gerakan saling bertukar Jadi, tak perlu membeli sesuatu yang baru, cukup pakai yang ada. Bisa saling bertukar dengan teman ataupun keluarga sehingga bisa memperpanjang usia suatu barang untuk dampak yang baik bagi lingkungan dan sekitar. Gerakan ini juga dibuat untuk menanamkan bahwa its okay to repeating same clothes, same things dalam waktu yang lama. Dari pada membeli baru, Barter.in bisa menjadi salah satu solusi,” ujar Head of Community and Campaign National Geographic Indonesia Diky Wahyudi Lubis.

“Kegiatan Barter.in Vol. 1 : Gerakan Saling Bertukar tanggal 3 Juni, merupakan inisiatif SayaPilihBumi, didukung oleh Bentara Budaya, dan keduanya adalah bagian dari Kompas Gramedia, dengan fokus utama yang dituju adalah mengajak masyarakat secara umum dan karyawan Kompas Gramedia secara khusus untuk mengurangi sampah tekstil. Seperti yang kita ketahui, industri mode terutama fast fashion memberikan pilihan kepada konsumen untuk membeli banyak pakaian dengan harga yang terjangkau dan usia pakaian yang relatif pendek sehingga limbah tekstil terus meningkat,” tambah Diky Wahyudi Lubis.

Mengusung tema “Dibuang Sayang”, terdapat beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di acara Barter.in Vol. 1 dengan kegiatan utama  Barter.in pakaian, yaitu pengunjung bisa membawa pakaian dengan kondisi layak pakai kemudian dapat menukarnya dengan pakaian yang sudah terkurasi dan dan tersedia selama acara berlangsung.

Terdapat juga kegiatan lainnya seperti Repair your Clothes - bekerjasama dengan Controlnew (CTRL+N), di mana pengunjung berkesempatan memperbaiki pakaian dengan kerusakan ringan secara gratis dan terbatas. Selain itu, terdapat pula penampilan live music yang menambah keseruan dan kemeriahan acara.

Dengan diselenggarakan kegiatan Barter.in vol. 1 ini diharapkan dapat mengurangi limbah tekstil juga memperpanjang usia pakaian untuk fesyen berkelanjutan dan kelestarian bumi serta mampu mengurangi gaya hidup konsumerisme dari setiap individu. (*/rls)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved