Ekosistem Digital Kuatkan UMKM dan Kampung Wisata di Kota Yogyakarta 

Pemerintah Kota Yogyakarta mengoptimalkan WiFi publik untuk UMKM dan kampung wisata dalam program penguatan ekosistem digital . 

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta mengoptimalkan WiFi publik untuk UMKM dan kampung wisata dalam program penguatan ekosistem digital

Program tersebut sudah bergulir sejak 2021 lalu. 

Kepala Bidang Persandian dan Telekomunikasi Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Tri Haryanto mengatakan saat ini ada 885 wifi publik yang terpasang di 502 RW se-Kota Yogyakarta. 

Baca juga: Delapan Ternak di Bantul Dilaporkan Sakit dengan Gejala Mengarah ke PMK

"Program Penguatan Ekosistem Digital Berbasis Wilayah ini sudah berjalan sejak 2021. Diawali dengan penyediaan WiFi publik dengan target 1 Raw minimal 1 WiFi publik. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan penguatan  Ekosistem Digital berfokus pada pelaku UMKM dan pengelola kampung wisata," atanya, Selasa (31/05/2022).

Ia melanjutkan pelatihan penguatan ekosistem digital tahun ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai bulan Mei-Juli 2022 sedangkan tahap kedua dimulai Agustus - Oktober 2022.

"Pelatihan sudah dilakukan kepada kelompok UMKM Mujamuju, kelompok UMKM Warungboto, dan kelompok UMKM Karangwaru. Kampumh wisata juga, seperti kampung wisata Warungboto," lanjutnya. 

Baca juga: Pakar UGM Jelaskan Fenomena Suhu Dingin yang Terjadi di Yogyakarta Beberapa Hari Terakhir

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya menyebut penguatan ekosistem digital sangat penting.

Apalagi setelah pandemi Covid-19 yang memaksa sebagian orang untuk bermigrasi digital.

“Harapannya dengan penyediaan wifi publik yang menjangkau masyarakat bisa menimbulkan dampak positif, produktif dan bahkan mempunyai nilai tambah ekonomi untuk warga masyarakat,” imbuhnya. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved