Breaking News:

Berita Kesehatan

Awas Jangan Sampai Kekurangan Vitamin D, Dampaknya Bisa Begini

Kesehatan itu mahal harganya. Ketika kita didera sakit, betapa tersiksanya. Makanya kesehatan harus dijaga.

Editor: ribut raharjo
Boarding1Now
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kesehatan itu mahal harganya. Ketika kita didera sakit, betapa tersiksanya. Makanya kesehatan harus dijaga.

Satu di antaranya adalah memenuhi kebutuhan vitamin D. Sebab, defisiensi vitamin D atau kekurangan vitamin D dapat memiliki pengaruh besar dalam kondisi tubuh kita.

Berdasarkan Jurnal Kedokteran tahun 2020, satu dari dua orang di Indonesia mengalami defisiensi vitamin D.

Hasil survei responden membuktikan bahwa hanya 14 persen dari mereka yang mengatahui, apakah mereka kekurangan vitamin D atau tidak.

Salah satu penyebabnya, kekurangan vitamin D memiliki gejala yang sering kali tidak disadari. Setiap individu dari berbagai golongan usia bisa mengalami kekurangan atau defisiensi vitamin D ini.

“Mendeteksi kekurangan vitamin D ini menjadi penting karena hampi terjadi di segala kelompok usia, termasuk di negara tropis seperti Indonesia,” kata dr Devia Irine Putri, Health Practitioner Klikdokter, dalam diskusi daring bertajuk “Cara Praktis Deteksi Kekurangan Vitamin D” Selasa (24/5/2022).

Dirangkum dari berbagai penelitian ternyata kategori kelompok yang paling banyak mengalami defisiensi vitamin D adalah usia lanjut (78,2 persen), wanita dengan rentang usia 18-40 tahun (63 persen), dan anak-anak yang berusia 6 bulan sampai 12 tahun (44 persen). Sementara itu, 61,25 persen ibu hamil ternyata mengalami kekurangan asupan vitamin D.

Devia menjelaskan, pemenuhan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tubuh kita dari banyak hal.

Di antaranya seperti berikut:

Menjaga daya tahan tubuh

Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh

Mencegah berbagai penyakit kronis

Mencegah hipertensi

Mencegah diabetes melitus

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved