Berita Pendidikan Hari Ini

Angkat Persoalan Limbah Masker Medis, Mahasiswa UMY Juarai Lomba Media in Action 2022 UNPAD

Tim Doa Ibu Creative membawakan karyanya yang berfokus pada permasalahan limbah infeksius yang tidak hanya merugikan bagi penderita Covid-19 saja.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
internet
UMY 

Tribunjogja.com - Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Program Studi Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam tim “Doa Ibu Creative” berhasil meraih juara pertama lomba Media in Action (Mediation) pada ajang Epicentrum 2022, salah satu lomba bergengsi yang diadakan Universitas Negeri Padjajaran (UNPAD) pada Jumat (20/5/2022).

Tim Doa Ibu Creative ini diprakarsai oleh Daffa Uddin, Raihan Herdiansyah, Humam Alwafi, Najmi Sa’idah, dan Wildan Sudar.

Lomba Media in Action ini sendiri mengusung tema "Aksesibilitas Informasi Media terhadap Limbah Medis Rumah Tangga”.

Perlombaan yang menggunakan konsep Production House tersebut mengharuskan pesertanya menghasilkan tiga luaran lomba dalam bentuk videografi, audio, dan poster digital.

Baca juga: UMY Bangun Atmosfer Internasional, Hadirkan Budaya dan Kuliner Berbagai Negara Melalui ICCF 2022

Najmi Sa’idah, satu di antara anggota Doa Ibu Creative menjelaskan bahwa rangkaian festival ini cukup panjang.

"Dari open registration pada 15 Maret - 15 April 2022 termasuk pemberian brief. Kemudian awal Mei pengumuman finalis, berlanjut final session untuk kembali presentasi pada 19 Mei dan berakhir pada pengumuman pada 20 Mei 2022,” jelasnya saat dihubungi pada Sabtu (28/5/2022).

Tim UMY yang berhasil mengalahkan 4 tim lain dalam final perlombaan ini, membawakan karyanya yang berfokus pada permasalahan limbah infeksius yang tidak hanya merugikan bagi penderita Covid-19 saja.

Tim Doa Ibu Creative memberikan solusi bagaimana cara membuang sampah masker yang benar pada tiga output sekaligus.

“Setelah kita research, limbah medis lingkupnya ada banyak. Bisa jadi limbah infeksius yang biasanya dihasilkan oleh penderita Covid-19 dan isoman seperti masker, swab test, suntikan, infus, sarung tangan. Namun dari tim kami sendiri, fokus lebih ke orang yang tidak terkena karena mereka juga mengeluarkan limbah medis salah satunya masker yang seringkali sampah masker diletakkan secara asal. Jadi kami di sini memberikan solusi bagaimana cara membuang sampah masker yang benar,” terang Najmi.

Berbeda dari video cara membuang sampah medis pada umumnya, penyampaian pesan dalam karya Doa Ibu Creative ini dikemas dengan ide cerita yang unik dan berbeda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved