Berita Pendidikan Hari Ini

Rajut Konektivitas Transportasi, Menhub Budi Karya Sumadi Terima Gelar Doktor Kehormatan dari UGM

Sistem transportasi yang dibangun Budi Karya mampu menghubungkan wilayah yang luas dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek sosial dan ekonomi.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima gelar Doktor Kehormatan atau Doktor Honoris Causa dari UGM, Senin (23/5/2022) di Balai Senat 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Perhubungan (Menhub), Ir Budi Karya Sumadi mendapatkan Anugerah Doktor Kehormatan atau Doktor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada ( UGM ), Senin (23/5/2022).

Agenda penganugerahan itu diselenggarakan di Balai Senat UGM mulai pukul 09.30 WIB dan disiarkan langsung di YouTube resmi UGM .

Rektor UGM , Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng., mengatakan pemberian gelar Doktor Kehormatan kepada Budi Karya Sumadi diberikan atas peran dan jasa dalam keilmuannya yang meliputi teknik rancang bangun dan perencanaan di bidang transportasi dalam merajut konektivitas nusantara. 

“Beliau memberikan intervensi intelektual dalam menjalankan tugasnya menghasilkan karya yang luar biasa secara berkelanjutan,” kata rektor saat menyampaikan sambutan.

Baca juga: Budi Karya Dapat Gelar Kehormatan Honoris Causa dari UGM, Ganjar Pranowo: Beliau Layak Menerimanya

Sistem transportasi yang yang dibangun Budi Karya Sumadi, menurutnya, mampu menghubungkan wilayah yang luas dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek sosial dan ekonomi. 

“Kita sepakat pembangunan transportasi bukan hanya dilakukan di pulau Jawa tapi di seluruh tanah air. Bukan hanya untuk pusat bisnis dan pemerintahan tetapi melapisi seluruh lapisan masyarakat baik yang berada di pinggiran maupun dari 3T,” ujar Panut.

Bahkan sarana dan prasarana yang dibangun oleh Budi bisa dibilang mampu membuka aksesibilitas di daerah, meningkatkan konektivitas, mengurangi disparitas harga dan meningkatkan produktivitas serta pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.

Dalam kesempatan itu, Panut menyampaikan ucapan selamat kepada Budi Karya Sumadi beserta keluarga.

”Semoga dengan penganugerahan ini semakin meningkatkan pengabdian Bapak dalam memajukan transportasi Indonesia dan menjadi inspirasi bagi generasi penerus,” katanya.

Dalam penganugerahan gelar Doktor Kehormatan, Budi Karya Sumadi juga menyampaikan pidato yang berjudul ‘Merajut Konektivitas Nusantara Melalui Pembangunan Sistem Transportasi’.

"Saya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada ketua sekaligus anggota senat universitas, rektor beserta jajaran, dekan Fakultas Teknik UGM , tim promotor yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan orasi ilmiah dalam penganugerahan Doktor Kehormatan di bidang transportasi," paparnya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa membangun infrastruktur transportasi bukan saja membangun bandara, pelabuhan, stasiun dan rel, serta terminal atau sekadar mengadakan pesawat, bus, kapal, dan kereta api, tapi juga membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang akhirnya akan menciptakan harapan dan peradaban baru. 

“Salah satu tujuan pembangunan infrastruktur transportasi adalah mendukung aspek kerakyatan. Transportasi juga turut mendorong perkembangan produk UMKM dengan memberikan akses kepada pelaku UMKM, baik di bandara, pelabuhan, terminal, maupun stasiun,” katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved