Ini Dia Berbagai Olahan Makanan Seafood dan Singkong di Menoreh Food Festival

Layaknya sebuah kompetisi, para peserta memperebutkan penghargaan dari ajang perlombaan masak yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten

TRIBUNJOGJA.COM/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Menu kreasi makanan yang diberi nama Sisea Bumbung. Makanan ini dibuat dari bahan dasar singkong dan seafood seperti ikan tuna, udang dan cumi. Dihidangkan bersama kuan santan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Layaknya sebuah kompetisi, para peserta memperebutkan penghargaan dari ajang perlombaan masak yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo melalui acara "Menoreh Food Festival". 

Bertempat di masing-masing stan Plaza Kuliner Glagah, mereka mengolah berbagai menu kreasi makanan dengan bahan dasar singkong dan seafood. 

Setiap peserta diberi waktu untuk memasak selama 90 menit. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Sri Sultan HB X Lantik Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Pj Bupati Kulon Progo

Tak tanggung-tanggung, tim penilai dilakukan oleh juri profesional. Di antaranya chef Marinka, chef Muto dan chef Anton. 

Acara juga dihadiri oleh Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati (GKBRAA) Paku Alam X dan dimeriahkan oleh Nyi Ageng Ethnic. 

Peserta lomba masak, Titik Wahyuni (47) mengatakan dalam perlombaan ini, ia memasak makanan yang diberi nama Singkong Seafood Bumbung atau disingkat Sisea Bumbung. 

Makanan itu dibuat dari singkong dan seafood yang dimasak dengan bumbu yang dicampur kuah santan. Sejumlah bahan itu dibeli di pasar yang ada di wilayah setempat. 

Dengan menggunakan seafood seperti ikan tuna, udang dan cumi akan menghasilkan rasa yang enak jika dihidangkan dengan kuah santan dan dimakan dengan singkong

Uniknya makanan itu dibuat menyerupai kue putu. Bedanya jika kue putu dibuat dari tepung beras yang ditengahnya ada gula jawa, namun Sisea bumbung dibuat dari singkong dan ditengahnya ada seafood. 

Pemilik catering selera baru ini mengaku butuh ketelatenan untuk membuat Sisea bumbung. 

"Butuh ketelatenan dalam menata makanan kalau tidak rapi bisa ambruk sehingga harus rapi," katanya saat ditemui di stannya, Sabtu (21/5/2022). 

Sisea bumbung dihidangkan di atas piring bersama kuah santan yang dihias dengan kripik singkong

Harapannya, inovasi terbaru makanan yang dibuatnya ini bisa viral dan laku di pasaran. 

Baca juga: Rektor UGM Prof Panut Mulyono Pantau Pelaksanaan UTBK 2022 : Tidak Ada Kecurangan

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Joko Mursito menyampaikan ajang perlombaan masak melalui acara Menoreh Food Festival sudah dua kali digelar. 

Pada 2021 lalu, tema masakan hanya menggunakan bahan dasar seafood. Sedangkan tahun ini menggunakan bahan dasar seafood dan singkong

"Kami membatasi dengan bahan dasar yang banyak terdapat di pesisir selatan Kulon Progo yakni seafood. Sekaligus mengembangkan potensi kuliner di wilayah selatan agar menyamai kuliner di wilayah utara," ucap Joko. 

Dia berharap kompetisi memasak ini sebagai tanda mulai diaktifkannya Plaza Kuliner Glagah sehingga peserta lomba yang ikut merupakan pedagang kuliner yang akan menempati plaza kuliner tersebut.

Dalam ajang perlombaan itu, Juara I diraih oleh Rumah Makan Citra Sari, Juara II diraih oleh Rumah Makan Pandan Sari dan Juara III diraih oleh Catering Selera Baru. (scp) 
 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved