Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Selain Banjir Bandang, Inilah Dampak Hujan Berdurasi Lama di DIY pada Kamis Sore Kemarin

Hujan lebat dengan durasi cukup lama pada Kamis (19/5/2022) sore kemarin mengakibatkan sejumlah wilayah di Yogyakarta porak poranda.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Akses jalan kabupaten di Pedukuhan Plampang II, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo tertutup tanah longsor akibat hujan deras melanda wilayah tersebut, Kamis (19/5/2022) kemarin sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hujan lebat dengan durasi cukup lama pada Kamis (19/5/2022) sore kemarin mengakibatkan sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) porak poranda.

Berdasarkan laporan terakhir Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) DIY, Jumat (20/5/2022) tercatat beberapa pemukiman warga di Padukuhan Plampang, Kalirejo, Kokap, Kabupaten Kulon Progo terdampak, dengan beberapa rumah tergenang akibat banjir bandang.

"Hujan deras lebih dari 1 jam, mulai pukul 16.00 WIB mengakibatkan Banjir Bandang di Pedukuhan Plampang II, RT 67 RW 21, Kalirejo, Kokap, Kulon Progo. Dampaknya material menutup akses jalan dan 3 Rumah tergenang sehingga pemilik harus mengungsi," kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana, melalui siaran tertulis, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Berita Bencana Alam : Banjir Bandang Terjang Pemukiman di Kulon Progo, Akses Jalan Warga Terputus

Selain itu, lanjut Biwara, hujan sedang hingga lebat disertai angin Kamis sore kemarin sekitar pukul 15.00 WIB juga menyebabkan 2 pohon tumbang di Pare, dan 4 pohon tumbang di Sidorejo, Godean, Sleman menimpa atap rumah dan teras rumah.

Kemudian, di hari yang sama juga ditemui kejadian talud longsor di Kembang Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo.

Akibatnya bangket Jalan Kabupaten Sidomulyo-Gunung kelir sepanjang 8 meter dan tinggi 3 meter ambrol hingga mengancam tiang listrik roboh karena terdapat retakan pada bangket jalan.

"Dengan kondisi ini kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada saat hujan deras disertai angin dengan durasi yang lama," pungkasnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved