Sandiaga Uno Resmikan Peluncuran Kendaraan Listrik Ramah Lingkungan Grab di Desa Wisata Borobudur

Kolaborasi tersebut diwujudkan dengan menghadirkan kendaraan listrik roda dua dan GrabBike Tour.

Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno dan President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata serta Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rachmadi saat bersiap melakukan konvoi kendaraan listrik roda dua saat peluncuran kendaraan listrik roda dua  sebagai salah satu penunjang transportasi ramah lingkungan Desa Wisata di kawasan Candi Borobudur 

TRIBUNJOGJA.COM - Grab bersama Taman Wisata Candi (TWC) dan Kemenparekraf RI berkolaborasi untuk memajukan Desa Wisata di kawasan Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah.

Kolaborasi tersebut diwujudkan dengan menghadirkan kendaraan listrik roda dua dan GrabBike Tour.

Program ini memiliki sejumlah inisiatif guna memperkuat potensi destinasi Desa Wisata, meningkatkan visibilitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui layanan GrabMart dan GrabFood.

Selain itu juga memberikan para wisatawan pengalaman menggunakan kendaraan listrik roda dua di kawasan Desa Wisata Borobudur, sebagai langkah konkret dalam mewujudkan misi G20.

Peluncuran tahap awal ini ditandai dengan konvoi kendaraan listrik roda dua di sekitar Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tuksongo dan dilanjutkan dengan kunjungan ke shelter Grab di area Candi Borobudur, yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rachmadi, President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, dan VP Sales & Marketing PT. TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), Pujo Suwarno.

“Sejalan dengan tema Presidensi G20 "Recover Together, Recover Stronger”, dukungan dari berbagai pihak diperlukan untuk pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya dalam mendorong pembukaan kembali peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja. Kami memberikan apresiasi kepada Grab yang turut membantu komitmen pemerintah dalam pemanfaatan sumber energi bersih dengan memperkuat kehadiran ekosistem kendaraan listrik ramah lingkungan bagi Desa Wisata di kawasan Borobudur," papar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno. 

Menurutnya, inovasi ini tentunya dapat meningkatkan daya tarik wisata lokal bagi wisatawan, hingga menciptakan keseimbangan pariwisata massal dan pariwisata berkualitas.

"Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang mengarahkan kepada pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif
yang berkelanjutan," imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melalui Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rachmadi, juga mengapresiasi terobosan ini.

"Sesuai dengan filosofi leluhur “memayu hayuning bawana” yang memiliki arti menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan hidup, program pariwisata ini diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan namun tetap menjaga identitas atau ciri khas budaya di Desa Wisata Borobudur. Kolaborasi Grab dan TWC tentunya juga akan mendorong percepatan laju kebangkitan sektor pariwisata sehingga dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Program GrabBike Tour di Desa Wisata kawasan Borobudur turut mendukung target Kemenparekraf RI untuk mendatangkan 550 juta orang wisatawan nusantara sepanjang tahun ini di tanah air.

Sementara President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menyebut sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan industri UMKM lokal.

Grab, menurutnya, mendukung upaya pemerintah dengan membawa UMKM masuk ke dalam platform digital, serta memperkenalkan konsep wisata berkelanjutan dengan menyediakan kendaraan listrik roda dua yang ramah lingkungan.

"Dimana, pemanfaatan kendaraan listrik dapat menjadi contoh dalam menjawab isu iklim dan lingkungan, khususnya transisi ke energi bersih yang menjadi salah satu topik pembahasan penting di Presidensi G20 Indonesia. Semoga program ini dapat memacu perkembangan ekosistem pariwisata Borobudur yang memainkan peran penting bagi ekonomi setempat,” terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved