Balkonjazz Festival 2022, Tandai Bangkitnya Industri Kreatif di Indonesia

Balkonjazz Festival kembali hadir setelah vakum digelar dua tahun lantaran pandemi. Kehadirannya tidak hanya sekadar mengobati kerinduan para penikmat

TRIBUNJOGJA.COM/ Hanif Suryo
Lima narasumber menyampaikan paparan perihal penyelenggaraan Balkonjazz Festival 2022 di Truntum Cafe Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jumat (13/5/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Balkonjazz Festival kembali hadir setelah vakum digelar dua tahun lantaran pandemi. 

Kehadirannya tidak hanya sekadar mengobati kerinduan para penikmat musik tetapi juga menjadi ruang untuk memperkenalkan aligus memasarkan produk lokal para pegiat ekonomi Usaha Mikro, Kecil dan (UMKM) serta mempromosikan destinasi lokal yang berada di sekitar wilayah Candi Borobudur.

Kali ini, Balkonjazz Festival 2022 akan hadir di venue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (14/5/2022). 

Pada gelaran yang kedua, Balkonjazz Festival menampilkan beberapa artis nasional terpopuler, diantaranya Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggiani, Megantoro.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Gas Negara (PGN) Tbk, Rachmat Hutama, mengapresiasi hadirnya kembali Balkonjazz Festival. Ia menilai gelaran ini menjadi bagian integral dari pelaksanaan komitmen ESG (Environmental, Social & Governance) yang ada di Pertamina Group.

Ia juga melihat event yang melibatkan banyak pihak ini menjadi cara untuk menguatkan sinergi antar stakeholders.

Baca juga: Komitmen Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dalam Mendukung Pembangunan Jamban Sehat

"Kami melihat Balkonjazz Festival ini menjadi aktivitas nyata dalam mendukung dan mengembangkan ekonomi masyarakat yang mandiri serta ramah lingkungan. Sajian yang dikemas melalui music festival ini tentunya memperkuat gagasan besar ekosistem pengembangan lingkungan, sosial dan pemerintahan. Di sinilah sinergi itu terjadi," tuturnya saat berbicara pada konferensi pers di Truntum Cafe Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jumat (13/4/2022).

Rachmat menegaskan komitmen dari PT PGN untuk selalu membangun sinergi positif dalam upaya memperkuat dan mempercepat tumbuhnya ekonomi masyarakat yang mandiri. 

"Hadirnya Pasar Balkon dalam festival ini rasanya wujud konkret bagaimana penguatan ekonomi masyarakat itu diciptakan," ujarnya.

Rachmat juga mengatakan dengan mengusung tagline The Energy That Heals diharapkan kegiatan ini dapat mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan industri hiburan kreatif, kampanye vaksinasi nasional, sekaligus mengawali geliat event di masa pandemi ini.

"Kami menyambut gembira bisa menjadi bagian dari kegiatan yang sangat positif ini. Bagi kami kehadiran Balkonjazz Festival ini akan mampu menjadi ruang yang menghibur melalui penampilan para musisi terbaik sekaligus juga menjadi  pemantik mempromosikan potensi ekonomi, khususnya lokasi dimana diselenggarakan Balkonjazz Festival," katanya.

Edwin Hidayat Abdullah, Wakil Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia sekaligus mewakili In Journey Festival, memberikan pula dukungan terhadap kesuksesan Balkonjazz Festival kali ini.

Sebagai ekosistem holding di sektor aviasi dan pariwisata di Indonesia, Edwin mengatakan, InJourney merasa kolaborasi dengan event semacam ini menjadi sangat penting.

Seiring dengan penurunannya tren infeksi Covid-19, hadirnya festival semacam ini menjadi semacam oase bagi geliat sektor pariwisata di Tanah Air. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved