Pakar Hukum UIN SUKA: Jangan Ada Titipan Kelompok Politik di Penunjukan Penjabat Kepala Daerah

Menanggapi hal tersebut, Dosen Hukum Tata Negara Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA), Gugun El Guyanie SH LLM mengatakan, masih banyak

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Di bulan Mei 2022, dua kepala daerah di DI Yogyakarta bakal selesai masa jabatannya.

Mereka adalah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi serta Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo dan Fajar Gegana.

Masa jabatan keempatnya bakal habis dalam 11 hari lagi, tepatnya 22 Mei 2022.

Kemudian, kekosongan kursi pemimpin di kota dan kabupaten itu bakal diisi oleh penjabat kepala daerah yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), rekomendasi dari Gubernur DIY.

Hal ini dilakukan lantaran pemilihan kepala daerah (pilkada) baru akan dilaksanakan pada tahun 2024 secara serentak.

Baca juga: Masih Belum Bergerak Menentukan Arah, Mataram Utama FC Menanti Kepastian Liga 2 dari PSSI

Menanggapi hal tersebut, Dosen Hukum Tata Negara Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA), Gugun El Guyanie SH LLM mengatakan, masih banyak problem terkait penunjukan penjabat kepala daerah itu.

Problem pertama, kata dia, belum ada aturan teknis dan operasional yang tegas dan memuat kepastian hukum yang menafsirkan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016.

“Padahal, di bulan Mei ini sudah ada beberapa gubernur, wali kota maupun bupati yang sedang dalam proses pemberhentian karena masa jabatan habis, tapi aturan teknis dan operasional yang tegas belum ada,” paparnya kepada Tribun Jogja, Rabu (11/5/2022)

Problem kedua, menurutnya, penjabat kepala daerah ini memiliki durasi waktu cukup lama, bahkan lebih dari 2,5 tahun menunggu pilkada 2024, sehingga ada pertanyaan tentang legitimasi dan kewenangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved