Pakar Politik UMY: Ada Peluang Penjabat Kepala Daerah Dipilih Secara Tidak Transparan

Mekanisme Plt selama rentang waktu 2022-2024 itu sepenuhnya merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang merupakan rekomendasi

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 272 kepala daerah di Indonesia bakal berakhir masa tugasnya pada 2022-2023. 

Untuk bulan Mei 2022, ada 49 kepala daerah yang habis masa jabatannya, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo dan Fajar Gegana serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi.

Mereka akan melepaskan jabatannya di tanggal 22 Mei 2022 nanti. Artinya, hanya tersisa 12 hari lagi untuk mereka menuntaskan rencana kepemimpinan yang pernah dibuat.

Praktis, jabatan tersebut bakal diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Daerah menjelang Pemilu dan Pilkada 2024.

Mekanisme Plt selama rentang waktu 2022-2024 itu sepenuhnya merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang merupakan rekomendasi dari Gubernur DIY.

Menanggapi hal tersebut, Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr Tunjung Sulaksono SIP MSi mengatakan, masyarakat dan elemen sipil lain harus diperkuat untuk mengawasi hal tersebut.

“Masyarakat dan elemen sipil, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) juga media perlu memperkuat pengawasan untuk Plt ini. Sebab, mereka kan memiliki peranan strategis guna memonitor langkah-langkah pejabat itu,” kata Tunjung kepada Tribun Jogja, Selasa (10/5/2022).

Baca juga: IBF Yogyakarta Series Diikuti 18 Tim, Digelar Besok di GOR Amongrogo

Dia menjelaskan, Kemendagri menggunakan istilah Penjabat Kepala Daerah, seperti Penjabat Gubernur, Penjabat Walikota dan Penjabat Bupati.

Kemudian, ditambahkannya, regulasi yang baru memang sudah ada terkait syarat pejabat yang bakal mengisi posisi tersebut, yakni di Undang-Undang (UU) No 10 Tahun 2016.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved