Mudik Lebaran 2022

Ingin Hindari Macet Saat Arus Balik Lebaran? Jangan Pulang Tanggal 6-8 Mei 2022

Diprediksikan, arus balik Lebaran akan terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022.

Editor: Joko Widiyarso
FERGANATA INDRA RIATMOKO
Kendaraan pemudik antre melewati gerbang Tol Cikampek , Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (24/7/2014). Dari pukul 00.00 hingga pukul 15.00, sebanyak 23.623 kendaraan telah melewati gerbang tol tersebut dengan puncak jumlah kendaraan yang melintas per jam sebanyak 2.619 kendaraan. Puncak arus mudik di gerbang tol tersebut diperkirakan berlangsung pada, Jumat (25/7/2014). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Jika ingin menghindari kemacetan saat arus balik Lebaran 2022 ini, ada saran untuk para pemudik.

Diprediksikan, arus balik Lebaran akan terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022.

Untuk itu, PT Jasa Marga (Persero) mengimbau para pemudik yang pulang ke Jabodetabek untuk mengatur waktu kepulangan.

Para pemudik khususnya yang pulang ke Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi ( Jabodetabek ) disarankan menghindari tanggal 6-8 Mei.

"Jika semua orang merencanakan pulang di akhir libur panjang, seperti tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022, maka peningkatan lalu lintas serentak secara bersama-sama ini harus diantisipasi oleh pengguna jalan,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Ilustrasi kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek
Ilustrasi kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek (KEMENHUB)

Terkait arus mudik, hingga H-1 Lebaran, Jasa Marga mencatat sebanyak 1,7 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju tiga arah yakni timur (Tol Trans Jawa), barat (Merak) dan selatan (Puncak).

Angka tersebut juga dinilai meningkat 9,5 persen jika dibandingkan dengan Lebaran 2019 atau sebelum pandemi.

"Sedangkan, jika dibandingkan dengan lalu lintas normal pada periode November 2021 yang merupakan lalu lintas tertinggi saat pandemi, 1,7 juta kendaraan yang melintas di periode mudik tahun ini naik 18,6 persen,” ujar Heru.

Dilihat dari sisi distribusi lalu lintas, tujuan yang menjadi favorit pemudik juga masih menuju arah timur via Jalan Tol Trans Jawa yang memegang 53,8 persen dari total pemudik.

Kemudian, sebanyak 27,6 persen menuju arah Merak dan 18,7 persen arah Puncak.

Selain mengatur waktu pulang, pemudik juga diminta berhati-hati dalam berkendara.

"Patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy," jelasnya.

Adapun informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arus Balik Mudik Diprediksi 6-8 Mei, Warga Jabodetabek Diingatkan Atur Waktu Kepulangan

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved