Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Sambut Pemudik, PMI DIY Siagakan 573 Personil dan 22 Ambulans

Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans di seluruh DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans di seluruh DIY. 

Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prakubusumo mengatakan pihaknya menyiapkan 20 pos pelayanan dan 22 ambulans.

Selain itu, PMI DIY juga menyiagakan 573 personel untuk membantu masyarakat yang merayakan Idulfitri.

PMI Kota Yogyakarta membuka satu Pos di Markas PMI Kota Yogyakarta .

Baca juga: PMI DIY Masih Fokus Mendukung Penanganan Covid-19 di Tahun 2022

Sementara PMI Kabupaten Sleman menyiagakan Pos Pelayanan Terpadu Pertolongan Pertama dan Ambulans di Markas PMI Kabupaten Sleman dengan dukungan Pos Pembantu dari 12 PMI Kapanewon yang bekerja sama dengan Kapanewon setempat, seperti PMI Kapanewon Ngaglik, Godean, Seyegan, Mlati, Pakem, Sleman, Gamping, Berbah, Depok, Turi, Ngemplak, Moyudan dan Prambanan. 

Sedangkan PMI Kabupaten Bantul akan membuka tiga pos di Markas PMI Kabupaten Bantul, Pos Madukismo dan dibantu Pos Sedayu yang dikelola terpadu oleh PMI Kapanewon Sedayu dan instansi di wilayah Sedayu.

Selanjutnya PMI Kabupaten Gunungkidul membuka dua pos terpadu di Markas PMI Kabupaten Gunungkidul dan Pos Gading. Sedang PMI Kabupaten Kulon Progo melayani dua pos yakni Markas PMI Kabupaten Kulon Progo dan Pos Jembatan Timbang, Kulwaru, Kulon Progo.

"Kami menyiagakan personel PMI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang akan membantu melayani masyarakat merayakan Lebaran di DIY. Personel PMI akan bertugas 24 jam dalam 3 shift perhari mulai H-6 dan H+7," katanya, Rabu (27/04/2022).

Tidak hanya bertugas di pos pelayanan, petugas akan menyasar lokasi wisata.

Seperti Pantai Selatan Kulon Progo, Bantul dan Gunungkidul, tempat-tempat wisata di wilayah DIY serta antisipasi saat keramaian di tempat-tempat ibadah seperti salat Idulfitri.

Baca juga: Ini Enam Jalur Alternatif di Wilayah Sleman untuk Antisipasi Kepadatan Pemudik

Masyarakat yang membutuhkan tempat istirahat bisa mengunjungi Pos pelayanan PMI Kabupaten Kulon Progo yang bekerja sama dengan UPPKB Jembatan Timbang Kulwaru atau Pos Pelayanan PMI Kabupaten Gunungkidul Pos Gading yang juga merupakan rest area.

Tersedia tempat tidur, toilet, tempat ibadah, juga check kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah. 

“Lebaran kali ini kita masih dalam kondisi Pandemi Covid-19 . Saya berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah," ujarnya. 

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait pertolongan pertama jika mengalami kedaruratan dapat mengunduh dan membuka Aplikasi First Aid atau pertolongan pertama di Play Store.

Sementara untuk mengakses informasi stok darah bisa mengunjungi laman ayodonor.pmi.or.id atau akun media sosial PMI DIY. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved