Yogyakarta International Airport Prediksikan Kenaikan Penumpang Hingga 126 Persen Saat Lebaran

Sebanyak 12 ribu pemudik diprediksi akan menggunakan moda transportasi udara melalui Yogyakarta International Airport (YIA) saat libur Lebaran.

TRIBUNJOGJA.COM/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
ILUSTRASI 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 12 ribu pemudik diprediksi akan menggunakan moda transportasi udara melalui Yogyakarta International Airport (YIA) saat libur Lebaran.

PTS General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga mencapai 126 persen jika dibandingkan waktu normal.

Dia memprediksi puncak kedatangan bakal terjadi pada 29 April 2022 mendatang. Sedangkan arus balik dimulai pada 8 Mei 2022.

Baca juga: Warga Bisa Bayar PBB di Kota Yogyakarta Melalui Bank Mandiri 

"Ada kenaikan yang cukup signifikan di tanggal 29 Mei dan arus baliknya tanggal 8 Mei itu juga menjadi puncaknya. Kami bisa yang selama ini melayani 5 ribu bisa jadi 12 ribu penumpang," terangnya, Rabu (26/4/2022).

Saat ini jumlah penumpang di YIA mulai merangkak naik. Misalnya pada Senin (25/4/2022) lalu tercatat ada 7.800 penumpang.

Kenaikan tersebut, lanjutnya, mulai terjadi sejak pemerintah mengizinkan masyarakatnya untuk mudik serta adanya kemudahan bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksin booster.

Untuk menghadapi lonjakan, pihaknya pun sudah menyiapkan 26 penerbangan tambahan sehingga saat ini total terdapat sekitar 40 penerbangan.

Baca juga: Kisah Masjid Pathok Negara Ad-Darojat Bantul, Ini Andil Besar Sri Sultan HB IX Setelah Jepang Pergi

Selain itu, penambahan jumlah penerbangan juga berimbas penambahan waktu operasional bandara.

YIA yang semula beroperasi sepanjang pukul 07.00 WIB-18.00 WIB kini bandara tersebut membuka layanan hingga 21.00 WIB.

"Jadi untuk harian rata-rata 40 penerbangan. Penumpangnya empat sampai lima ribu sebelum menjelang Lebaran ini. Di weekend menyentuh 8.000," paparnya. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved