Jalur Ganda Pemulihan Sektor Pariwisata

Seiring meredanya jumlah kasus Covid-19, menjelang libur lebaran tahun 2022 pemerintah membuka keran mobilitas dan kegiatan usaha

Jalur Ganda Pemulihan Sektor Pariwisata
ist
Hendrie Adji Kusworo, Ketua Prodi Doktor Kajian Pariwisata Sekolah Pascasarjana

*Oleh: Hendrie Adji Kusworo, Ketua Prodi Doktor Kajian Pariwisata Sekolah Pascasarjana dan Dosen Departemen PSdK FISIPOL Universitas Gadjah Mada

TAK pelak, Covid-19 selain memukul sektor kesehatan telah pula menghantam sektor pariwisata. Selama hampir 3 tahun, penyakit yang menular lewat droplet ini telah mengubah pola interaksi manusia.

Masyarakat diharuskan mengurangi mobilitas bahkan tinggal di rumah. Alih-alih berwisata, kegiatan bekerja, belajar, keagamaan, sosial, budaya dan kehidupan sehari-hari lainnya pun terkoreksi. 

Seiring meredanya jumlah kasus Covid-19, menjelang libur lebaran tahun 2022 pemerintah membuka keran mobilitas dan kegiatan usaha.

Sejalan dengan prediksi Presiden pada Kamis 15 April 2020: “Tahun depan akan terjadi booming di bidang pariwisata”, segera setelah pembatasan sosial dilonggarkan terjadi ‘balas dendam’ kegiatan wisata.

Perubahan kegiatan dan mobilitas

Pada masa awal pandemi, Google Covid-19 Community Mobility Report menunjukkan penurunan kegiatan di area bisnis dan rekreasi, perdagangan makanan dan obat-apotek, taman, penghubung transportasi publik dan tempat kerja di 131 negara.

Laporan berdasarkan Google Account yang menggunakan data mobilitas itu menunjukkan peningkatan kegiatan di area permukiman. Di beberapa negara Skandinavia, Eropa Barat, Eropa Timur dan Asia, selain terdapat peningkatan kegiatan di area permukiman terjadi juga di taman terbuka, perdagangan makanan dan obat-apotek. 

Laporan tersebut juga menunjukkan perkembangan mobilitas masyarakat di Indonesia. Penurunan mobilitas paling drastis terjadi di tempat kerja, area penghubung transportasi publik, penjualan eceran dan rekreasi, perdagangan makanan dan obat-apotek serta taman. Di sisi lain terjadi peningkatan kegiatan di permukiman.

Berwisata sebagai aktifitas leisure

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved