Berita Klaten Hari Ini

Besok Puncak HKB Digelar di Balerante Klaten, BPBD: Ditandai dengan Pembunyian Sirine Pukul 10.00

Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ditunjuk oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai lokasi puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Berita Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ditunjuk oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai lokasi puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tingkat Nasional tahun 2022.

Acara yang akan diselenggarakan Selasa, (26/4/2022) itu bertempat di Desa Balerante Kecamatan Kemalang.

Kegiatan itu rencananya akan dihadiri oleh para pejabat tingkat kementerian, kepala daerah, akademisi dan pegiat penanggulangan bencana di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswanya Jadi Korban Pembakaran, Rektorat UTY: Kami Telah Berkoordinasi dengan Pihak Polisi

Kepala BPBD Klaten, Sri Winoto mengatakan dipilihnya Desa Balerante sebagai tempat penyelenggaraan puncak acara HKB 2022 secara nasional, karena adanya kesiapsiagaan masyarakat yang tinggi dalam menghadapi erupsi Gunung Merapi.

"Di antaranya dengan menerapkan model evakuasi mandiri serta adanya desa paseduluran atau desa bersaudara sebagai desa penyangga," ucapnya, Senin (25/4/2022).

Kata dia, acara puncak HKB 2022 akan dimulai pada jam 10.00 WIB ditandai dengan dibunyikannya sirine oleh Kepala BNPB sebagai tanda dimulainya latihan kesiapsiagaan secara serentak se-Indonesia.

Sebagai tempat puncak acara HKB 2022, Desa Balerante mengadakan simulasi evakuasi mandiri dengan melibatkan 200 warga beserta ternak dari Dukuh Sambungrejo di Kawasan Rawan Bencana III (KRB) menuju Tempat Evakuasi Sementara (TES) dengan skenario yang disusun oleh BNPB dan BPBD Kabupaten Klaten.

Proses simulasi ini juga melibatkan SAR Klaten, TNI, Polri serta dinas terkait di Kabupaten Klaten.

Selain simulasi evakuasi mandiri, kegiatan lainnya adalah sarasehan masyarakat gunung se-Indonesia, yang akan dihadiri oleh komunitas relawan gunung dari beberapa provinsi di Indonesia.

"Setelah itu, kegiatan bergeser ke Teras Merapi di Kabupaten Sleman dengan acara diskusi kerelawanan oleh BNPB," ucapnya.

Baca juga: BUMDes di Gunungkidul Dijadikan Agen BPD DIY untuk Permudah Transaksi Masyarakat

Lebih lanjut, ucap Winoto, Kabupaten Klaten sendiri pada Selasa( 26/4/2022), juga mengadakan peringatan HKB yang diselenggarakan di instansi atau lembaga komunitas masing-masing kemudian diunggah pada link yang disiapkan oleh BNPB.

Sekolah atau kampus, dunia usaha, rumah sakit, puskesmas serta komunitas di Kabupaten Klaten akan berkegiatan serentak pada jam 10.00 WIB dengan melakukan kegiatan kesiapsiagaan antara lain membunyikan alat peringatan dini seperti kentongan, sirine dan alarm.

"Kemudian, cek EWS, jalur evakuasi, rambu evakuasi, sosialisasi, pelatihan SOP kebencanaan serta dapat bersimulasi sesuai jenis ancaman," katanya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved