Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak, PAUD Meris Ceria Gelar Parade Busana di Hari Kartini

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Meris Ceria yang ada di daerah Ketingan, Tirtoadi, Mlati, Sleman menggelar kegiatan parade busana, Kamis (21/4/2022)

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Anak-anak PAUD Meris Ceria yang merayakan Hari Kartini 2022 dengan mengenakan pakaian adat 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Hari Kartini menjadi salah satu ajang untuk memperkenalkan tokoh pahlawan nasional sekaligus kebudayaan kepada anak-anak.

Maka, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Meris Ceria yang ada di daerah Ketingan, Tirtoadi, Mlati, Sleman menggelar kegiatan parade busana, Kamis (21/4/2022) lalu.

“Jadi, anak-anak ini kami minta berpakaian adat dan melakukan parade busana gitu. Mereka juga menyanyikan lagu Kartini pakai iringan gitar,” kata Pemilik Yayasan Meris Pelita Mulia yang menaungi PAUD Meris Ceria, Mekar Retno Sariasih kepada Tribun Jogja, Sabtu (23/4/2022).

Mekar menceritakan, ada sekitar 14 dari total 23 anak yang ikut merayakan Hari Kartini di PAUD tersebut. Mereka dengan luwes mengenakan pakaian adat yang dimiliki dan menampilkannya kepada guru PAUD dan teman lainnya.

Baca juga: Pengusaha Kuliner Seafood Pantai Depok Bantul Jamin Tidak Akan Nuthuk Harga ke Wisatawan

Sebagian besar murid laki-laki menggunakan blangkon dan perempuan mengenakan kebaya lengkap dengan jariknya.

“Ini digelar biar mereka mengenal pakaian adat juga. Pas dengan tema pembelajaran kami, yakni Tanah Airku dengan subtema Kebudayaan yang kali ini belajar tentang kebudayaan Jawa. Rata-rata pada pakai kebaya dan kain. Ada juga yang modifikasi batik dan sarung,” jelas Mekar.

Tidak dapat dipungkiri, saat mengikuti parade busana, anak-anak sempat malu-malu. Mereka enggan memperlihatkan pakaian yang digunakan.

Namun, setelah terbiasa, mereka akhirnya tidak lagi malu.

“Miss (sebutan guru PAUD di PAUD Meris Ceria) pada kasih dukungan dan ikut mendampingi buat anak-anak yang belum berani jalan sendiri. Biar mereka juga percaya diri,” paparnya.

Dia mengungkap, parade busana itu memasangkan anak putra dan putri masing-masing agar mereka tidak malu tampil sendirian.

Baca juga: Lakukan Intensifikasi Pangan, BPOM Yogyakarta Temukan 25 Sarana Kadaluarsa dan Kemasan Rusak

“Dari sini kan mereka jadi tahu pakaian adat, blangkon, kebaya, jarik, surjan begitu. Mereka juga pernah belajar wayang sehari sebelum perayaan Hari Kartini itu,” terang Mekar.

Mekar memiliki dua harapan dari agenda tersebut. Salah satunya adalah agar para murid mengenal sosok Kartini, seorang perempuan visioner di masanya yang namanya tetap harum hingga kini.

“Kami kenalkan juga sosok Kartini. Kemudian, biar anak-anak juga mencintai budaya daerah dengan mengenakan baju adat,” jelasnya.

Terakhir, dia berharap, murid PAUD Meris Ceria berani tampil percaya diri di depan umum. (Ard)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved