Google Doodle Peringatan Hari Bumi Tampilkan Time-lapse Perubahan Iklim

Google Doodle hari ini dibuat untuk memperingati Hari Bumi, ondisi dan perubahan iklim atau climate change

Editor: Iwan Al Khasni
Google Doodle
Google Doodle pada Jumat (21/4/2022) secara jelas menampakkan dampak mengerikan yang disebabkan oleh perubahan iklim di berbagai negara. 

Tribunjogja.com - Google Doodle hari ini dibuat untuk memperingati Hari Bumi, kondisi dan perubahan iklim atau climate change yang terjadi.

Google Doodle pada Jumat (21/4/2022) secara jelas menampakkan dampak mengerikan yang disebabkan oleh perubahan iklim di berbagai negara.

Gambar yang berformat GIF itu menampilan citra nyata empat sudut bumi dari tahun 1986-2022 atau 38 tahun lamanya dengan teknologi time-lapse.

Google Doodle Hari Bumi ini akan terus tampil sepanjang 22 April, masing-masing lokasi akan ditampilkan beberapa jam sekali.

Adapun lokasi-lokasi yang ditampilkan dalam Google Doodle hari ini adalah sebagai berikut.

1. Hutan Harz, Jerman

Taman Nasional Harz adalah salah satu hutan terbesar di Jerman dan membentang lebih dari 10 persen dari total luas Pegunungan Harz.

Dari bulan Desember 1995 hingga 2020 terjadi perubahan signifikan di Hutan Harz yang ditampilkan oleh citra satelit Google Earth.

Hutan dihancurkan oleh serangan kumbang kulit kayu karena kenaikan suhu dan kekeringan yang parah.

2. Karang penghalang besar, Australia

Tidak hanya di daratan, perubahan iklim juga berdampak pada ekosistem lautan.

Seperti halnya yang ada di Google Doodle hari ini, Great Barrier Reef atau Karang Penghalang Besar di Pulau Lizard, Australia.

Foto diambil setiap bulan pada Maret hingga Mei 2016, terlihat karang yang awalnya sangat indah dan rimbun dalam waktu tiga bulan kemudian musnah.

3. Gunung Kilimanjaro, Afrika

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved