Konsep Join Poin Coin untuk Sekolah Vokasi

Lulusan sekolah-sekolah vokasi seperti SMK, STM, SMKK dapat melanjutkan di jenjang perguruan tinggi yang berbasis vokasi

Konsep Join Poin Coin untuk Sekolah Vokasi
Ist
Atmaja Septa Miyosa, Dosen STMM MMTC Yogyakarta

*Oleh: Penulis : Atmaja Septa Miyosa, Dosen STMM MMTC Yogyakarta

JURNAL yang menceritakan jurang pemisah antara pendidikan vokasi dengan kompetensi yang dibutuhkan di dunia industri yang sebenarnya, cukup banyak.

Salah satunya berjudul Evaluation of Indonesian Technical and Vocational Education in Addressing the Gap in Job Skills Required by Industry yang ditulis oleh Muhammad Ali dkk (2020) yang terbit di The Third International Conference on Vocational Education and Electrical Engineering (ICVEE)”.

Jurnal ini menjelaskan bahwa TVET (Technical Vocational Education and Training) dipilih untuk mencetak angkatan kerja muda untuk menjawab kebutuhan dunia industri.

Artikel itu memuat beberapa aspek yang perlu dibenahi di antaranya, kebijakan dan strategi, kurikulum, proses belajar, kerjasama, akreditasi, guru, kultur dan fasilitas.

Berbagai inovasi yang dilakukan pendidikan kejuruan adalah magang di industri pada semester akhir, lalu adanya pelajaran kewirausahaan, leadership, pelatihan job interview.

Berdasarkan aspek-aspek yang rumit dan kompleks tersebut, maka penulis menawarkan konsep JPC (Join, Poin, Coin) sebagai mindset yang dikembangkan di pendidikan vokasi.

Aspek join, menjawab tantangan kultur di masyarakat. Sekolah kejuruan bukan lagi pilihan kedua karena tidak diterima di sekolah menengah umum.

Lulusan sekolah-sekolah vokasi seperti SMK, STM, SMKK dapat melanjutkan di jenjang perguruan tinggi yang berbasis vokasi.

Siswa akan lebih dekat dengan peluang karir dan gambaran dunia kerja yang sesungguhnya. Aspek poin, menjawab dinamika yang terjadi di sekolah kejuruan, dalam hal ini adalah kebijakan, strategi, kurikulum, proses belajar, akreditasi, fasilitas dan kualitas guru.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved