Analisis Pakar Iklim UGM soal Hujan Deras dan Cuaca Ekstrem yang Melanda Wilayah DIY

Dalam setahun terakhir, Indonesia memang mengalami La Nina sehingga curah hujan di wilayah sebagian Indonesia cenderung lebih basah

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ Alexander Ermando
Hujan deras yang mengguyur jalanan Kota Wonosari, Gunungkidul belum lama ini. BPBD setempat mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaannya menghadapi potensi cuaca ekstrem. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hujan dengan intensitas lebat terus mengguyur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam beberapa hari terakhir.

Terlebih, hujan lebat yang mengguyur wilayah DIY juga disertai dengan angin kencang serta kilat dan petir.

Peneliti sekaligus pengamat iklim dan lingkungan Universitas Gadjah Mada ( UGM ), Dr Emilya Nurjani SSi MSi, menjelaskan beberapa dekade terakhir, seiring peningkatan suhu, muncul tren peningkatan frekuensi dan intensitas curah hujan ekstrem.

Kondisi ini tentu menuntut masyarakat dan banyak pihak untuk bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut agar bisa mengurangi risiko bencana.

Ia mengatakan, dalam setahun terakhir, Indonesia memang mengalami La Nina sehingga curah hujan di wilayah sebagian Indonesia cenderung lebih basah sepanjang tahun (2021). 

Di samping itu, di awal tahun 2022 Indonesia juga mengalami monsoon Asia dan ITCZ yang meningkatkan curah hujan.

“Beberapa waktu lalu ada siklon di perairan Australia yang juga berpengaruh terhadap curah hujan di wilayah Indonesia bagian selatan," ujarnya, Rabu (20/4/2022).

Emilya melanjutkan, untuk menentukan apakah kondisi tersebut masih dalam kategori normal, perlu ada upaya membandingkan data curah hujan bulanan tahun 1980-2010 sebagai tahun baku iklim menurut WMO. 

Berdasarkan pembandingan tersebut di sebagian wilayah Jawa memang sebenarnya telah mengalami pertambahan sebesar 40-120 mm dalam 20 tahun.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved