Setelah Times Square dan Paris Fashion Week, Lalu Kemana Lagi?

Merek fesyen lokal Indonesia memancing keramaian publik karena memutuskan membuat sebuah tren yang tidak biasa

Ist
Ilustrasi 

*Oleh: Vonezyo Yupanzara Dharomesz, S.E., M.B.A, Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

BEBERAPA waktu lalu, merek fesyen lokal Indonesia memancing keramaian publik karena memutuskan membuat sebuah tren yang tidak biasa. Tren yang diawali dari merek fesyen lokal, Erigo, yang nampang di Times Square New York, pada tahun 2021, ternyata berhasil memberikan inspirasi bagi merek fesyen lokal Indonesia lainnya untuk mengikuti jejaknya. Merek lokal lainnya seperti Sean Sheila dan merek perhiasan lokal Jewel Rocks.

Resmi tercatat sebagai merek lokal Indonesia, keduanya berhasil mencuri perhatian di ajang Paris Fashion Week 2022. Erigo, Sean Sheila, dan Jewel Rocks melakukan strategi promosi yang tidak biasa agar mereknya viral dan mudah dikenal pasar. Berdasarkan strategi tersebut, konsumen Indonesia maupun konsumen Internasional lebih mudah untuk mendapatkan informasi berkenaan dengan promosi yang dilakukan oleh merek-merek tersebut.

Erigo, merupakan merek fesyen lokal Indonesia yang memiliki segmen anak muda. Selain itu, target pasar Erigo sangat spesifik yaitu bagi anak muda yang menyukai street fashion. Positioning Erigo pun sudah melekat pada ingatan konsumen terlebih ketika melakukan promosi di billboard Times Square, New York, pada tahun 2021.

Sehingga hal tersebut menarik perhatian konsumen Indonesia karena viral di media sosial. Keberhasilan Erigo masih menjadi buah bibir hingga kini karena mampu membuat strategi promosi yang luar biasa. Setelah itu, terdapat informasi yang menggemparkan karena terdapat merek-merek yang mengklaim melakukan promosi mereknya ke kancah internasional dan hal tersebut membuat pasar heran dan tertarik untuk membahasnya.

Padahal merek yang resmi melakukan promosi ke kancah Internasional hanya dua, yaitu Sean Sheila, merek fesyen lokal, dan Jewel Rocks, merek perhiasan lokal. Keduanya mejeng di ajang Paris Fashion Week 2022. Tidak kalah menghebohkan dari merek-merek yang mengklaim mengikuti ajang internasional, Sean Sheila dan Jewel Rocks berhasil menyita atensi pasar internasional atas keikutsertaanya.

Strategi promosi pemasaran melalui ajang internasional menjadi sebuah hal yang biasa saat ini. Menyoroti hal tersebut sebagai peluang, merek dapat mengadaptasi strategi tersebut dengan menganalisis konsumennya.

Membahas konsumen Indonesia, mereka sangat tertarik dengan promosi yang bersifat viral dan mudah dipahami melalui getok tular atau dari mulut ke mulut sehingga sangat mudah bagi merek-merek tersebut viral di Indonesia. Lalu konsumen internasional mendapatkan kesadaran merek atas promosi pemasaran yang dilakukan merek-merek tersebut.

Promosi tersebut bersifat jangka panjang, tidak hanya untuk tren semata tetapi merupakan ide promosi pemasaran yang berkelanjutan dengan memanfaatkan lokasi dan ajang populer. Seperti Times Square, New York, dan Paris Fashion Week. Kemudian kemana lagi? (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved