Berita Kota Magelang Hari Ini

Dinas Perhubungan Memprediksi 119 Ribu Pemudik akan Masuk Kota Magelang Pada Lebaran 2022

Dinas perhubungan (Dishub) Kota Magelang memprediksi sekitar 119 ribu pemudik akan masuk ke wilayah Kota Magelang pada libur Lebaran 2022 mendatang.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas perhubungan (Dishub) Kota Magelang memprediksi sekitar 119 ribu pemudik akan masuk ke wilayah Kota Magelang pada libur Lebaran 2022 mendatang.

Kepala Dishub Kota Magelang , Candra Wijatmiko Adi menuturkan, jumlah pemudik yang akan masuk Kota Magelang terbilang besar hampir setengah dari penduduk Kota Magelang .

"Kalau secara nasional diperkirakan pemudik sebanyak 85 juta orang. Sedangkan, di Kota Magelang sekitar 119 ribu orang yang masuk (Kota Magelang) itu melalui angkutan umum maupun kendaraan pribadi," ujarnya usai rakor persiapan menjelang Idulfitri 1443 H di gedung Adipura Kencana Pemkot Magelang, Selasa (19/04/2022).

Baca juga: Polda DIY Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi, Pertamina Apresiasi Jajaran Kepolisian

Ia menambahkan, diperkirakan mulai terjadi pergerakan arus mudik pada 25 April 2022 atau H-7 sebelum perayaan Idulfitri 1443 H.

Apalagi, dari Kementrian Perhubungan juga menyediakan bus gratis bagi pemudik yang akan ke Magelang .

"Untuk Jawa Tengah itu dipersiapkan sekitar 300 bus gratis bagi pemudik.  Sebanyak 15 bus untuk pemudik yang akan ke Magelang. Itu belum ditambah lagi dari bus  mudik gratis dari pihak swasta," ujarnya.

Baca juga: Gelar Diskusi Rumuskan Solusi Kejahatan Jalanan Remaja, Aptisi DIY Dorong PTS Ikut Berantas Klitih

Sementara itu, rangka pengamanan arus mudik saat lebaran nanti. Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda E Sebayang memastikan akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

"Pastinya ada (rekayasa lalu lintas), fix-nya apa saya belum bisa bicarakan sekarang. Karena, Kamis (21/04/2022) kami baru ada rapat dari Polda terkait konsolidasi Se-Jawa Tengah supaya fix nanti informasinya. Banyak yang akan disampaikan ke masyarakat karena banyak perubahan tata cara lebaran (nanti)," ujarnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved