Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Abdul Halim Ajak Karang Taruna Kabupaten Bantul Jadi Generasi Petani Milenial

Bupati Abdul Halim mengajak karang taruna di Kabupaten Bantul untuk melek teknologi menjadikan generasi muda sebagai generasi petani milenial.

Penulis: And | Editor: Sri Noviyanti
Dok : Tribun Jogja / Pemkab Bantul
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menanam bibit pohon kelengkeng di Rawa Kalibayem, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Selasa (12/4/2022). 

TRIBUNJOGJA.com – Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengajak seluruh karang taruna di Kabupaten Bantul untuk melek terhadap teknologi.

Hal itu didasari dengan keinginan Bupati Abdul Halim dalam menjadikan generasi muda sebagai generasi petani milenial.

“Saat ini generasi milenial sangat dibutuhkan sebuah daerah, apalagi Indonesia adalah wilayah agraris,” jelas Bupati Abdul Halim dalam keterangan pers yang diterima tribunjogja.com, Rabu (13/4/2022).

Hal itu disampaikan oleh Bupati Abdul Halim saat memberikan sambutan pada acara Penanaman Perdana Bibit Kelengkeng di Rawa Kalibayem, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kasihan Bantul, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Bupati Bantul Yakin Taruna Tani Bantul Mampu Jadi Petani Milenial Sukses

Lebih lanjut, Bupati Abdul Halim mengatakan, pemerintah diharapkan untuk terus mendukung generasi muda untuk meningkatkan potensi dengan menjadikan generasi petani yang terbuka.

“Dengan meningkatkan mekanisasi pertanian, mesin-mesin pertanian, drone untuk menebarkan fungisida dan herbisida, serta drone untuk pengairan akan menjadi kebutuhan sektor pertanian pada masa mendatang,” jelas Bupati Abdul Halim.

Selain itu, Bupati Abdul Halim juga mengapresiasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memberikan bantuan bibit pohon kelengkeng kateki kepada Taruna Tani Karya Bhakti Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Bantul.

“Saya mengapresiasi DPKP DIY yang memberikan bantuan bibit pohon kelengkeng kateki itu dan saya harap teman-teman Taruna Tani Karya Bhakti dapat merawat dan mengembangkannya demi meningkatkan kesejahteraan bersama,” pesan Bupati Abdul Halim.

Baca juga: Bupati Bantul: Orangtua Jangan Lepas Tangan Terkait Kejahatan Jalanan Anak

Lebih lanjut, Bupati Abdul Halim menyatakan, bahwa saat ini dunia pertanian memerlukan inovasi yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang tepat. 

“Karena itu, saya mengajak teman-teman karang taruna dan taruna tani untuk bersikap terbuka pikiran dan hati untuk dapat menerima temuan teknologi baru di bidang pertanian,” ucap Bupati Abdul Halim.

Bupati Abdul Halim mengaku, sektor pertanian memang membutuhkan kesabaran dan proses panjang.

Baca juga: Bupati Bantul Ajak Masyarakat Galang Solidaritas Sosial Secara Swadaya

“Contoh hari ini menanam, kita masih perlu melakukan perawatan dengan sabar dan telaten. Tapi untuk kelengkeng kateki ini, satu pohon dapat menghasilkan 230 kilo gram (kg) buah. Artinya, pertanian ini menunjukkan sektor yang memiliki peluang ekonomi yang tinggi,” ucap Bupati Abdul Halim.

Sebagai informasi, acara Penanaman Perdana bibit pohon kelengkeng turut dihadiri oleh Kepala Dinas Petanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto, Kepala DPKP Bantul Joko Waluyo, dan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul Kwintarto Heru Prabowo.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved