Besaran Denda Tilang Jika Tak Punya atau Tak Bawa SIM, atau Tak Bisa Tunjukan STNK

sanksi yang berkaitan dengan SIM berbeda antara yang tidak memilki dan tidak dapat menunjukan SIM.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
tribunjogja/hasan sakri ghozali
ILUSTRASI - tilang 

TRIBUNJOGJA.COM - Pengendara kendaraan bermotor bisa kena tilang jika kedapatan tak melengkapi diri dengan SIM maupun STNK ketika berkendara di jalan raya. Entah itu karena memang tidak mempunyai SIM atau STNK, atau karena dokumen-dokumen penting itu tidak kebawa alias ketinggalan di rumah.

Tapi adakah perbedaan perlakukan atau perbedaan besaran denda tilang dalam skenario di atas?

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, jika ada pemeriksaan kemudian pengendara tidak dapat menunjukkan SIM dan STNK maka bisa ditilang.

"Hukumnya wajib memiliki SIM sebagai bukti kompetensi yang bersangkutkan dapat mengemudikan ranmor sesuai golongan dan wajib dibawa sehingga pada saat ada pemeriksaan dapat menunjukan bukti tersebut," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (15/4/2022).

"Demikian juga STNK sebagai bukti kendaraan tersebut telah terdaftar wajib dibawa ketika sedang berkendara," katanya.

Namun kata Budiyanto, sanksi yang berkaitan dengan SIM berbeda antara yang tidak memilki dan tidak dapat menunjukan SIM.

Bagi pengendara yang tidak memilki SIM dikenakan Undang-Undang No 22 tahun 2009 Pasal 281 dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1000.000.

Sedangkan yang tidak dapat menunjukan atau tidak membawa saat ada pemeriksaan dikenakan Pasal 288 Ayat 2 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan dan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Kemudian pengendara yang tidak dilengkapi dengan STNK dapat dikenakan Pasal 288 Ayat 1 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000. (*)

==

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beda Sanksi Tilang Antara Tidak Punya dan Tidak Bawa SIM"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved