Alasan Polisi Salah Mengidentifikasi Pengeroyok Ade Armando

Polda Metro Jaya keliru mengidentifikasi dua orang pelaku pengeroyokan Dosen Universitas Indonesia Ade Armando saat aksi demonstrasi 11 April 2022 di

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Twitter via warta kota
Situasi kericuhan di tengah demo 11 April ketika pegiat media sosial yang juga dosen Universitas Indonesia Ade Armando, babak belur dipukuli massa, saat unjuk rasa BEM SI di Gedung DPR, Senin (11/4/2022), berakhir ricuh. 

Tribunjogja.com - Pengeroyokan aktivis dan Dosen Ilmu Komunikasi, Ade Armando di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (11/4/2022) kemarin banyak dibicarakan di media sosial.

Diketahui, Ade Armando sebelumnya terlihat hadir untuk mendukung aksi yang akan dilakukan mahasiswa di gedung DPR RI.

Polda Metro Jaya keliru mengidentifikasi dua orang pelaku pengeroyokan Dosen Universitas Indonesia Ade Armando saat aksi demonstrasi 11 April 2022 di depan gedung DPR/MPR RI.

VIRAL Pengeroyokan Aktivis Ade Armando di Demo Mahasiswa, Netizen: Siapa yang Ambil Celananya?
VIRAL Pengeroyokan Aktivis Ade Armando di Demo Mahasiswa, Netizen: Siapa yang Ambil Celananya? (kolase foto Twitter)

Dua orang yang sebelumnya disebut sebagai terduga pelaku itu yakni Abdul Manaf dan Try Setia Budi Purwanto. 

Belakangan diketahui bahwa kedua orang itu tengah berada di daerahnya masing-masing saat pengeroyokan Ade Armando terjadi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Endra Zulpan beralasan, pihaknya bisa keliru dalam mengidentifikasi karena kurang akuratnya teknologi face recognition yang dipakai. 

Apalagi, pelaku yang tertangkap kamera amatir dan CCTV saat pengeroyokan itu menggunakan penutup kepala sehingga wajahnya sulit dikenali. 

"Jadi karena orang yang kami duga pelaku itu menggunakan topi, teknologi face recognition Polda Metro Jaya tingkat akurasinya tidak 100 persen," kata Zulpan dalam keterangannya, Rabu (13/4/2022) malam.

Baca juga: Polisi Ungkap Motif di Balik Pengeroyokan Ade Armando, Terprovokasi hingga Lakukan Pemukulan

Abdul Manaf Ada di Karawang

Abdul Manaf sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka pengeroyokan Ade Armando, bersama dengan lima orang lainnya.

Foto wajah serta identitas lengkapnya juga sudah disebarkan oleh kepolisian sebagai buron. Polisi mengultimatum Abdul Manaf dan tersangka lain yang masih buron untuk segera menyerahkan diri.  Namun polisi akhirnya mengetahui bahwa Abdul Manaf bukan pelaku pengeroyokan setelah mendatangi rumah Abdul di Karawang.

Dari situ diketahui bahwa Abdul berada di Karawang saat pengeroyokan Ade Armando berlangsung.  "Sehingga Abdul Manaf bisa dikatakan bukan sebagai pelaku dan sudah kami lakukan pemeriksaan," kata Zulpan.

Baca juga: Motif dan Kiriman Pesan di Medsos, Ini Pengakuan Tersangka Pengeroyok Ade Armando saat Demo 11 April

Try Setiabudi Ada di Lampung 

Sebelumnya, Zulpan juga sempat menyampaikan bahwa seorang pria bernama Try Setia Budi Purwanto asal Kabupaten Way Kanan, Lampung, sebagai terduga pelaku pengeroyokan Ade Armando.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved