Mutiara Ramadhan Tribun Jogja LDNU DIY

Tanggung Jawab Pribadi dalam Puasa

“Semua amal anak Adam (manusia) adalah untuk dirinya kecuali puasa, sebab puasa itu adalah untuk-Ku, dan Aku-lah yang akan memberikan pahala”

Editor: ribut raharjo
Istimewa
H Jazilus Sakhok MA PhD, Wakil Katib Syuriyah PWNU DIY 

Oleh: H Jazilus Sakhok MA PhD, Wakil Katib Syuriyah PWNU DIY

TRIBUNJOGJA,COM - Dalam sebuah hadis Qudsi disebutkan bahwa; “Semua amal anak Adam (manusia) adalah untuk dirinya kecuali puasa, sebab puasa itu adalah untuk-Ku, dan Aku-lah yang akan memberikan pahala” (HR. Bukhari).

Dari hadis tersebut puasa berbeda dengan ibadah-ibadah lain karena bersifat rahasia dan pribadi antara seorang hamba dan Tuhannya.

Rahasia dan pribadi karena tidak ada yang tahu apakah kita berpuasa atau tidak kecuali diri kita sendiri dan Allah.

Kalau orang sholat, maka aktivitas sholat itu bisa dilihat orang lain. Begitu juga dengan zakat, orang lain bisa melihat dan menyaksikan, karena ada yang menerimanya. Apalagi haji, banyak sekali orang yang bisa melihat berbagai aktivitasnya secara kasat mata.

Namun ketika berpuasa, kemudian kita merasa sangat haus dan tidak ada orang melihat, bisa saja kita minum tetapi tidak melaksanakannya, meskipun bisa juga kita minum tanpa terlihat orang lain. Dimensi kerahasiaan dan keprivatan (private) amat kuat dalam ibadah puasa.

Dari situ dapat ditarik pengertian bahwa puasa adalah yang pertama dan utama sebagai sarana pendidikan tanggung jawab pribadi.

Ia bertujuan mendidik agar kita mendalami keinsyafan bahwa Allah selalu hadir menyertai dan mengawal kita dalam setiap ruang dan waktu.

Kesadaran ini akan menimbulkan sikap hidup dalam diri kita untuk tidak menjalani kehidupan ini dengan penuh kesantaian dan perasaan mengentengkan, tetapi harus dengan sikap yang penuh kesungguhan dan keprihatinan.

Sebab, apapun yang kita perbuat akan kita pertanggungjawabkan kepada sang Pencipta kita secara pribadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved