Berita Bisnis Terkini

Imbas SE Kemenhub 36/2022, Penumpang di YIA Saat Mudik Lebaran Diprediksi Tak Lebih 10 Ribu Orang

Merujuk dari SE Kemenhub tersebut, hanya penumpang yang sudah divaksin booster atau dosis ketiga yang bebas tes swab Covid-19 . 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Bandara YIA 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Jumlah calon pengguna jasa penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA) diprediksi tidak lebih dari 10 ribu penumpang saat mudik lebaran 2022 mendatang. 

Hal ini imbas bila masih diberlakukannya surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 36 Tahun 2022 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

SE tersebut berlaku mulai 5 April 2022 yang kemudian berdampak pada pergerakan penumpang.

"Sejak diberlakukannya SE Nomor 36 Tahun 2022 itu, penumpang di YIA menurun. Sekarang jumlah penumpang di YIA sekitar 3 ribu orang per hari. Sebelumnya mencapai 5 ribu penumpang per hari," kata Agus Pandu Purnama, PTS General Manager Bandara YIA , Jumat (8/4/2022). 

Baca juga: Bandara YIA Kulon Progo Buka Rute Internasional, Ini Harapan ASITA

Merujuk dari SE Kemenhub tersebut, hanya penumpang yang sudah divaksin booster atau dosis ketiga yang bebas tes swab Covid-19

Sementara bagi penumpang yang divaksin dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3×24 jam atau antigen 1×24 jam. 

Kemudian yang baru divaksin dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3×24 jam. 

Selanjutnya bagi yang belum divaksin sama sekali, wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3×24 jam dan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah. 

Serta anak usia di bawah 6 tahun, dapat melakukan perjalanan dengan pendampingan keluarga dan tidak wajib menunjukkan hasil RT-PCR ataupun antigen. 

Baca juga: Yogyakarta International Airport (YIA) Siap Jadi Area Evakuasi Bila Terjadi Gempa dan Tsunami

"Calon penumpang di YIA juga wajib mengunduh aplikasi Pedulilindungi dan mengisi e-HAC pada aplikasi tersebut. Mereka juga dihimbau tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran virus corona," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, penumpang di YIA sempat mengalami kenaikan hingga 100 persen saat masih diberlakukannya SE Kemenhub Nomor 21 Tahun 2022 mulai 8 Maret lalu. 

Saat itu, animo masyarakat untuk menggunakan transportasi udara naik pesat. Jumlah penumpang mencapai 7 ribu orang per hari, dari yang semula 3-4 ribu penumpang. 

Sebab di dalam SE Kemenhub yang lama tersebut, penumpang yang divaksin dosis kedua masih dibebaskan tes swab Covid-19 . ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved