Kadin DIY Tandatangan MoU dengan BPSDMI Kemenperin untuk Tingkatkan Kualitas SDM 

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DI Yogyakarta menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Pertemuan informal Kadin DIY dengan BPSDMI Kemenperin di Kafe Punokawan, Yogyakarta, Rabu (30/3/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DI Yogyakarta menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Menurut Wakil Ketua Umum (Waketum) bidang Organisasi dan Keanggotaan Kadin DIY, Robby Kusumaharta, penandatanganan itu sudah dilakukan sejak pertengahan Maret 2022.

Selanjutnya MoU tersebut akan ditindaklanjuti dengan bentuk pelatihan peningkatan ketrampilan dan kualitas SDM bagi perusahaan atau industri yang tergabung dalam Kadin DIY.

Baca juga: Masjid Gedhe Mataram Kotagede Gelar Tarawih Sejak Jumat Malam

“Peningkatan kualitas SDM atau upscaling human capital merupakan salah satu dari tiga program prioritas Kadin DIY,” tegas Robby, dalam keterangan resmi, Sabtu (2/4/2022).

Dia menjelaskan, dua program prioritas lain adalah pengembangan kapasitas UMKM sebagai pilar ekonomi daerah, dan transformasi digital. 

Selanjutnya, Robby menjelaskan bahwa industri di DIY membutuhkan percepatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk menjawab kebutuhan perkembangan dan kemajuan industri.

Sebagai contoh, dalam satu tahun, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) di DIY membutuhkan lebih kurang 5.000 tenaga kerja terampil. Di samping itu, juga berkembang industri pariwisata dan dan industri digital kreatif. 

Menurut Robby, ada tiga industri prioritas di DIY yaitu industri fesyen, industri pariwisata, dan industri kerajinan dan mebel. 

“Saat ini sedang dikembangkan juga sebuah rencana pengembangan industri berbasis inovasi teknologi”, jelas Robby.

Kadin DIY dan BPSDMI Kemenperin juga sempat melakukan pertemuan informal, Rabu (30/3/2022) di Kafe Punokawan, Yogyakarta.

Baca juga: Salonpas Tunjuk Iko Uwais sebagai Brand Ambassador dan Kenalkan Kemasan Baru Bersertifikasi Halal

Kemenperin RI menyambut kesiapan dan sinergi serta kolaborasi KADIN DIY dengan BPSDMI,” jelas Arus Gunawan, Kepala BPSDMI Kemenperin RI. 

Dikatakan Arus, dengan sinergi dan kolaborasi diharapkan terjadi percepatan upaya peningkatan kualitas SDM di bidang industri. 

“Dari pertemuan informal ini diharapkan dapat direalisasikan percepatan dan penguatan upscaling human capital sebagai bagian dari pengembangan industri,” harap Y Sri Susilo, Komtap Bidang Organisasi dan Keanggotaan Kadin DIY . (Ard)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved