Resmi, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H Jatuh Minggu 3 April

Dari 101 lokasi pengamatan, tidak ada petugas yang melihat hilal sehingga pemerintah memutuskan 1 Ramadhan 1443 H Jatuh pada 3 April

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM/ Santo Ari
Proses memantau hilal di Pos Observasi Bulan (POB) Syekh Bela Belu, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Bantul, Jumat (1/4/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sidang isbat penentuan awal bulan puasa memutuskan 1 ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (3/4/2022).

Keputusan sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ini disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Jumat (1/4/2022) dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung oleh TVRI.

Sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1443 hijriah dihadiri oleh sejumlah ormas Islam, Komisi 8 DPR RI, serta perwakilan dari negara sahabat.

"Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. In hasiil sidang isbat yang disepakati bersama," ujar Yaqut dalam konferensi pers yang disiarkan televisi dan medsos Kemenag RI.

Baca juga: Hasil Sidang Isbat: Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1443 H Jatuh Pada Minggu 3 April 2022

Dalam penjelasannya, Menag Yaqut mengatakan keputusan penetapan 1 Ramadhan 1443 H mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Total ada 101 lokasi pemantauan hilal di seluruh Indonesia.

Dari pemantauan hilal yang dilaksanakan oleh petugas, tidak ada satu pun yang melihat hilal.

Dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Sementara dikutip Tribunjogja.com dari Kompasmcom, sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Selain itu, sidang ini juga melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya. (*)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved