Nama Kandidat Penjabat Wali Kota Yogya dan Bupati Kulon Progo Belum Muncul

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X tengah menggodok untuk jabatan Penjabat (Pj) kepala daerah.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Iwan Al Khasni
TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X tengah menggodok untuk jabatan Penjabat (Pj) kepala daerah.

Penjabat kepala daerah nantinya akan mengisi kekosongan Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo yang masa jabatannya habis tahun ini.

Ketentuan itu merujuk pada Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang telah disempurnakan menjadi Undang Undang Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Para penjabat gubernur, bupati, dan wali kota bertugas hingga terpilihnya kepala daerah definitif melalui Pilkada serentak 2024.

Melalui ketentuan itu, nantinya penjabat wali kota dan bupati sementara harus dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari pemerintah setingkat Provinsi.

Kendati demikian Sri Sultan belum membeberkan nama-nama yang akan mengisi PJ wali kota dan bupati.

"Itu nanti ada prosesnya sendiri. Ya dasarnya kan undang-undang. Nanti yang menjadi penjabat dari provinsi. Belum ditunjuk," kata Sri Sultan, Rabu kemarin. (hda)

Baca Tribun Jogja edisi Kamis 31 Maret 2022 halaman 01

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved