Breaking News:

Selamat! Album Stray Kids “Oddinary” Debut No. 1 di Chart Album Billboard 200 

Jadi grup K-Pop ketiga setelah BTS dan SuperM, Stray Kids debut di peringkat No. 1 Billboard 200 lewat album "Oddinary".

DOK. Square Space
Boyband K-Pop Stray Kids 

TRIBUNJOGJA.COM - Album dari boyband Korean Pop (K-Pop) Stray Kids yang berjudul “Oddinary” dikabarkan debut di chart album Billboard 200 peringkat No. 1.

Hal tersebut diumumkan oleh pihak Billboard pada 28 Maret 2022.

Pencapaian ini menjadi spesial karena sebelumnya Stray Kids belum pernah masuk chart album Billboard 200. Namun, kini mereka justru memuncaki chart album tersebut.

Melansir Soompi, Selasa (29/3/2022), dengan pencapaian tersebut, Stray Kids menjadi grup K-Pop ketiga yang menduduki puncak Billboard 200.

Baca juga: Mengenal Bang Chan Stray Kids, Leader Boyband yang Tenar di Media Sosial

Adapun grup K-Pop lain yang sebelumnya tercatat pernah menduduki peringkat No. 1 di chart album Billboard 200 adalah BTS dan SuperM.

Sementara itu, menurut data Billboard, album “Oddinary” dari Stray Kids merupakan album berbahasa non-Inggris ke-13 dalam sejarah yang mampu menempati puncak Billboard 200.

Diberitakan pula bahwa sejauh ini album “Oddinary”  memperoleh penjualan mingguan terbesar di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Lirik Lagu Stray Kids - MANIAC, Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Menurut data Luminate, album “Oddinary” dari Stray Kids memperoleh total 110.000 equivalent album units di AS, terhitung sepekan sampai 24 Maret 2022. 

Sebagai informasi, equivalent album units atau unit album setara adalah unit pengukuran dalam industri musik untuk menentukan konsumsi musik yang sama dengan pembelian satu salinan album

Perhitungan konsumsi tersebut termasuk streaming dan download lagu di luar penjualan album tradisional.

Dari data Luminate dilaporkan pula bahwa total skor album “Oddinary” dari Stray Kids terdiri dari 103.000 penjualan album tradisional. Jumlah tersebut adalah penjualan terbesar dalam seminggu dibandingkan album musisi mana pun yang dirilis tahun ini. 

Selain itu, “Oddinary” juga memperoleh 6.500 unit streaming equivalent albums (SEA) atau streaming unit album setara. Jumlah tersebut setara dengan 10,09 juta on-demand official streams.

Kemudian, track equivalent albums (TEA) atau album setara trek dari “Oddinary” mencapai 500.

Baca juga: Hyunjin Stray Kids Bikin Rain Kesal Sampai Hampir Mengumpat, Ternyata Alasannya Kocak

Billboard menyampaikan, chart album teranyar untuk periode 2 April 2022 yang memuat album “Oddinary” Stray Kids akan diposting secara lengkap di situs web Billboard pada 29 Maret 2022.

Terpantau, hingga 22 Maret 2022 pukul 10.15 WIB, chart baru tersebut belum dirilis. 

Anda dapat memantau daftar lengkapnya di situs resmi Billboard https://www.billboard.com/charts/

Selamat, kepada Stray Kids!

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved