Berita Kulon Progo Hari Ini

Imbas Aturan Baru, Kenaikan Penumpang Pesawat di YIA Tembus 100 Persen

Sejak diberlakukannya aturan baru bagi pelaku perjalanan domestik memberikan dampak positif bagi PT Angkasa Pura I sebagai pengelola

Tribun Jogja/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
DOKUMENTASI pengguna jasa penerbangan tampak memadati area keberangkatan di bandara YIA, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (8/3/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sejak diberlakukannya aturan baru bagi pelaku perjalanan domestik memberikan dampak positif bagi PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo. 

Pasalnya, aturan baru yang mengacu sesuai surat edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 21 Tahun 2022 itu berimbas pada kenaikan jumlah penumpang di YIA yang tembus di angka 100 persen. 

Baca juga: Hary Tanoesoedibjo Targetkan 5 Kursi DPRD Provinsi Harus Diisi Perwakilan Perindo DIY

PTS Airport, Service and Security Senior Manager YIA, Rahmat Febrian mengatakan pasca diberlakukannya SE tersebut mulai 8 Maret 2022 lalu, animo masyarakat untuk menggunakan transportasi udara semakin tinggi. 

Sebab calon penumpang pesawat udara yang sudah disuntik vaksin dosis kedua maupun booster tidak perlu menyertakan hasil swab baik RT-PCR ataupun Antigen. 

Sementara, bagi yang baru disuntik dosis pertama wajib menyertakan hasil negatif swab baik RT-PCR yang berlaku 3×24 jam atau Antigen 1×24 jam. 

"Sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna jasa penerbangan," kata Rahmat, Sabtu (26/3/2022). 

PT Angkasa Pura I mencatat rata-rata penumpang di YIA di hari biasa saat ini sudah mencapai 7 ribu penumpang. Dari yang semula 3-4 ribu penumpang. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Dua Wisatawan Asal Kota Yogyakarta Terseret Ombak di Pantai Glagah Kulon Progo

Sementara ketika akhir pekan, jumlah penumpang mencapai lebih dari 8 ribu. 

Untuk diketahui pada Minggu (27/3/2022) ini, total ada 8.289 penumpang di YIA. Terdiri dari jumlah kedatangan 3.681 penumpang dan jumlah keberangkatan 4.608 penumpang.

Di hari yang sama juga terdapat penambahan rute penerbangan ke Denpasar dan Medan. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved