Feature

Pentas Ramayana Ballet di Purawisata Siap Bergulir Lagi Setelah 2 Tahun Terhenti

Selama 43 tahun, setiap malam tanpa putus, pentas Ramayana Ballet berlangsung secara rutin di Purawisata Amphitheater, Kota Yogyakarta.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Mona Kriesdinar
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
HADIR LAGI - Pertunjukan Ramayana Ballet di Purawisata Amphitheater, Kota Yogyakarta, Rabu (23/3/2022) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM - Selama 43 tahun, setiap malam tanpa putus, pentas Ramayana Ballet berlangsung secara rutin di Purawisata Amphitheater, Kota Yogyakarta. Namun, seiring pandemi Covid-19 yang melanda, pertunjukan legendaris tersebut harus terhenti, sejak kisaran April 2020 lalu.

Setelah hampir dua tahun terhenti, Ramayana ballet bisa digulirkan kembali pada Rabu (23/3) malam.

Mulai seniman, pelaku pariwisata, hingga agen perjalanan yang beroperasi di Kota Yogyakarta dihadirkan dalam agenda bertajuk peluncuran kembali Purawisata Amphitheater tersebut.

Komisaris PT Ganesha Dwipaya Bhakti, Ulla Nuchawaty, selaku pengelola kawasan Mandira Baruga menjelaskan, lewat peluncuran kembali ini, pihaknya pun menghadirkan beberapa perbaikan di Purawisata Amphitheater.

Baik itu perbaikan di sektor infrastruktur, maupun fasadnya.

"Jadi, saat ini memang kita sedang mengupayakan sebuah transformasi kawasan Mandira Baruga. Sekarang pandemi sudah mulai melandai, sehingga kita harus bersiap untuk disambangi wisatawan kembali tentunya," terangnya.

Dijelaskannya, lukisan mural tiga dimensi kini menghiasi Purawisata Amphitheater, dengan menampilkan beberapa episode adegan Ramayana Ballet.

Menurutnya, karya seni memukau tersebut menjadi sajian serta pemandangan dramatis bagi pengunjung kawasan Mandiri Baruga.

Pada dinding depan sebelah kiri, terlihat tokoh Hanoman, kera putih sakti yang menjadi ikon dalam Ramayana Bailet, tampil garang memecah dinding Istana Alengka.

Lalu, di sebelah kananya tokoh Rama dan Sinta terlihat tampil dengan gaya khas kegagahan dan kerupawanannya.

Panggung musik

Di samping itu, ia menyampaikan, acara unggulan selain Ramayana Ballet juga bakal disuguhkan nantinya.

Seperti panggung musik tembang kenangan, jazz, reggae, hingga dangdut, yang dulu menjadi ikon Purawisata. Bahkan ke depannya, aktivitas akan bergulir 24 jam nonsetop.

"Jadi tidak hanya seni tari, kami juga akan memberikan panggung untuk seniman musik, ketoprak, atau stand up commedy untuk tampil di sini. Purawisata Amphitheater bakal kita manfaatkan juga untuk ajang nonton bareng pertandingan sepak bola, MotoGP, dan F1," urai Ulla.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved