Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

Jadi Syarat Mudik, Pemkot Yogyakarta Perluas Akses Layanan Vaksinasi Booster Covid-19 

Munculnya wacana pemerintah pusat untuk mengizinkan aktivitas mudik dengan syarat sudah tervaksin booster, disikapi Pemkot Yogyakarta

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Munculnya wacana pemerintah pusat untuk mengizinkan aktivitas mudik dengan syarat sudah tervaksin booster, disikapi Pemkot Yogyakarta dengan memperluas sentra pelayanan.

Sehingga, sebelum Ramadan, capaian vaksinasi dosis ketiga diharap sudah semakin tinggi. 

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyampaikan, rencana tersebut, memang sesuai dengan upaya Pemkot, untuk mempercepat booster bagi warga masyarakat.

Baca juga: Minyak Goreng Curah Alami Kelangkaan, Disperindag DIY Wacanakan Operasi Pasar

Salah satunya, dengan membuka sentra di kantor-kantor kelurahan, hingga Balai Kota. 

"Ya, sebelum ada informasi (terkait mudik) itu, kita sudah meminta (Dinkes) memaksimalkan booster. Termasuk juga anak-anak dosis pertama dan kedua," katanya, Kamis (24/3/2022). 

Dengan adanya kemungkinan booster masuk dalam syarat yang harus dipenuhi untuk aktivitas mudik, antusiasme dari warga masyarakat pun bakal semakin tinggi.

Oleh sebab itu, perluasan akses pelayanan harus dilakukan, supaya tidak muncul keluhan penduduk yang sulit mencari vaksin. 

"Saya kira antusiasme masyarakat semakin tinggi, karena yang belum booster pasti mencari, untuk syarat mudik kan. Tapi, sejak minggu kemarin memang sudah kita perluas, khususnya untuk melayani booster," ungkap Heroe. 

Lebih lanjut, Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut juga mendorong para pengurus takmir masjid, atau mushala di wilayahnya, untuk ikut mengkampanyekan booster kepada para jemaah.

Dengan begitu, rentetan ibadah selama bulan Ramadan nanti bisa bergulir tenang tanpa hambatan. 

Baca juga: Jelang Puasa, Bupati Sleman Minta Masyarakat Tak Panic Buying Minyak Goreng

"Jemaah yang vaksinnya belum lengkap tolong diminta ya, agar dilengkapi, segera mengakses booster. Kita semuanya berharap kan, masa Ramadan dan hari raya nanti, segala kegiatan bisa berjalan lebih baik lagi," jelas Wawali. 

Toh, lanjutnya, dengan upaya perluasan yang kini sudah ditempuh Pemkot Yogyakarta, masyarakat semakin mudah untuk mendapat akses vaksin. Pendaftarannya pun cukup secara daring, via aplikasi Jogja Smart Service (JSS). 

Sebagai informasi, pelaksanaan vaksinasi booster di Kota Yogyakarta sendiri tak menunjukkan percepatan, layaknya imunisasi dosis pertama dan kedua silam. Bagaimana tidak, hingga sejauh ini, capaiannya baru sebatas 136.123 warga, atau sekitar 45,92 persen dari keseluruhan sasaran. 

"Makanya, ini kami sedang menggenjot, agar semua yang belum vaksin dosis kedua, segera mengaksesnya. Kemudian, yang belum booster, segerakan juga," ujarnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved