Pemilu 2024

Honor Petugas KPPS Bakal Naik 3 Kali Lipat, Ini Nominalnya

Honor petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bakal naik 3 kali lipat pada penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
ILUSTRASI - Petugas KPPS di TPS 006 Singosaren, Wukirsari, Imogiri, Bantul sedang menjumlah suara sah. 

TRIBUNJOGJA.COM - Honor petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bakal naik 3 kali lipat pada penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang.

Kebijakan itu diambil lantaran mempertimbangkan tugas dan beban berat para petugas di lapangan. Apalagi, Pemilu 2024 akan digelar secara serentak.

“KPPS kan (saat ini) honornya Rp 500.000 dengan beban kerja kayak begitu. Itu masih dipotong pajak, lho,” kata Hasyim dalam talkshow GASPOL Kompas.com, Selasa (22/3/2022).

ILUSTRASI - Petugas KPPS di TPS 012, Dusun Pasutan, Trirenggo, Bantul saat akan memulai penghitungan suara.
ILUSTRASI - Petugas KPPS di TPS 012, Dusun Pasutan, Trirenggo, Bantul saat akan memulai penghitungan suara. (Tribunjogja/ Miftahul Huda)

“Kita akan naikkan jadi 3 kali lipat, menjadi Rp 1,5 (juta),” lanjutnya.

Kenaikan sebesar 3 kali lipat ini diambil dengan sejumlah perhitungan.

Hasyim juga menyinggung soal harapan untuk meningkatkan integritas para petugas KPPS, di balik rencana kenaikan honorarium ini.

“Toh teman-teman (KPPS) bekerja untuk bangsa dan negara,” kata dia.

Hasyim menyinggung bahwa kematian para petugas KPPS pada Pemilu 2019 menjadi catatan kritis untuk mengapresiasi kinerja para KPPS.

ILUSTRASI - Petugas KPPS di TPS 27 Jaban, Tridadi, Sleman melakukan rekapitulasi suara, Rabu (09/12/2020).
ILUSTRASI - Petugas KPPS di TPS 27 Jaban, Tridadi, Sleman melakukan rekapitulasi suara, Rabu (09/12/2020). (TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani)

Di sisi lain, ia memastikan, perekrutan petugas KPPS untuk Pemilu 2024 akan dilakukan secara lebih ketat, utamanya dalam menjamin riwayat kesehatan mereka.

Hasyim mengusulkan agar pemerintah masing-masing daerah menyiapkan layanan kesehatan khusus bagi para petugas KPPS.

“Khusus PPK, PPS, KPPS, mohon maaf, honornya kan sedikit, mau periksa kesehatan kan mahal dan fasilitas kesehatan tidak selalu tersedia di kampung-kampung,” ujar dia.

“Ke depan kita mau minta tolong kepada Kemendagri untuk mengordinasikan pemda-pemda agar memberi layanan kesehatan bagi para petugas ad hoc ini. Petugas-petugas ini kan warga daerah setempat. Kalau pemdanya turun tangan kan berarti mengayomi, melayani warganya sendiri. Minimal agar tidak hipertensi dan diabetes,” jelas Hasyim. (*)

==

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Akan Naikkan Honor Petugas KPPS 3 Kali Lipat pada Pemilu 2024"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved