Inspiring Beauty

Erina Lancar Baca Tulis Aksara Jawa

MEMBACA aksara Jawa bisa selancar membaca tulisan berbahasa Indonesia, itulah satu softskill yang menjadi andalan dara cantik Erina Sofia.

Penulis: Yudha Kristiawan | Editor: Agus Wahyu
Erina Lancar Baca Tulis Aksara Jawa
TRIBUN JOGJA/DOMAS ARI
Erina Sofia

MEMBACA aksara Jawa bisa selancar membaca tulisan berbahasa Indonesia, itulah satu softskill yang menjadi andalan dara cantik Erina Sofia Gudono ini. Erina, begitu sapaan akrabnya, belum lama ini dinobatkan menjadi Puteri Indonesia DIY 2022.

Erina akan mewakili Provinsi DIY pada ajang final Puteri Indonesia tahun ini. Kemampuan dara pemilik rambut panjang sepinggang ini dalam membaca dan menulis aksara Jawa menjadi satu di antara faktor pendukung dirinya dalam menyabet gelar Puteri Indonesia DIY 2022.

Predikat ini, bagi Erina, sebagai amanah dan tanggung jawab besar, sehingga membutuhkan fokus dan keseriusan. Karena itu, Erina pun menjaga penampilan hingga attitude di manapun ia berada.

Erina menjelaskan, sebagai seorang Puteri Indonesia, ada tanggung jawab moral yang harus selalu ia jaga. "Puteri Indonesia itu diharapkan bisa menjadi rules model perempuan Indonesia, dilihat dari aspek beauty, brand hingga behavior kita. Tak hanya cantik luar dalam, fisik hingga etika di media sosial harus kita jaga," ungkap Erina.

Sebelumnya, Erina pernah mengikuti ajang Dimas Diajeng Sleman, lalu ke Dimas Diajeng Provinsi DIY. Kala itu, beberapa teman menyarankan Erina agar mengikuti ajang pemilihan Puteri Indonesia 2022 dengan modal sudah pernah mengikuti ajang serupa.

"Aku iseng-iseng serius, ternyata dapat predikat Puteri Indonesia DIY 2022 untuk kemudian mewakili Provinsi DIY maju ke tingkat nasional pada Mei tahun ini," kata Erina.

Diceritakan Erina, proses penilaian di ajang Puteri Indonesia ini melihat beragam aspek dan harus mengikuti berbagai pelatihan, di antaranya public speaking hingga photo shoot. "Semua proses tersebut adalah untuk menjadi versi terbaik dari diri kita, bukan versi terbaik dari orang lain. Jangan takut gagal, dan berani memulai hal baru," kata Erina.

Sesuai apa yang diyakini Erina, bahwa rules model tak hanya sebatas visual. Namun juga etika hingga relasi sosial. Erina pun sudah menjalin relasi sosial jauh hari sebelum ia memiliki predikat sebagai seorang Puteri Indonesia.

Sekitar 8 tahunan sudah, Erina bergerak di komunitas sosial yang fokus di pendidikan anak jalanan. Ia bersama komunitas tersebut membantu pendidikan anak-anak yang putus sekolah, anak-anak dari kalangan marginal, yang kurang beruntung belum bisa meneruskan sekolah formal.

"Aku bantu bikin kelas alternatif, untuk bisa kejar paket. Biasanya aku menyelipkan materi budaya dan seni, misalnya membatik termasuk di dalamnya baca tulis aksara Jawa," terangnya.

Tips Dapat Beasiswa
Dara kelahiran Philadelphia, 11 Desember 1996, ini sudah menulis sebuah buku tentang bagaimana perjalanan dia mendapatkan beasiswa. Kebetulan, Erina memiliki pengalaman memperoleh beasiswa magister melalui program LPDP.

Erina melanjutkan kuliah magister jurusan Public Administration di Columbia University. Hasil penjualan buku berisi pengalaman Erina mendapatkan beasiswa tersebut, ia gunakan untuk operasional kegiatan sosial yang fokus dengan pendidikan anak-anak putus sekolah.

"Aku ingin berbagi pengalaman saja tentang bagaimana bisa mendapatkan beasiswa tersebut, menurut versiku. Semoga buku itu bisa bermanfaat bagi teman-teman yang berminat sekolah lagi dengan program beasiswa," kata Erina.

Menurut Erina, selama ada niat dan kemauan untuk sekolah lagi, selalu ada jalan yang bisa mewujudkannya. Begitupun pengalaman Erina, keinginan kuatnya untuk meneruskan kuliah lagi berbuah manis dengan semua usaha serius yang telah ia lakukan.

Di sela kesibukannya mempersiapkan final Puteri Indonesia tahun ini, Erina menjalankan hobinya membaca buku dan memasak. Soal masakan, Erina menyukai menu bercita rasa nusantara dan ala Barat.

"Bagiku, memasak itu aktivitas yang menyenangkan, bisa merilis kejenuhan sekaligus bisa mendapatkan energi positif lagi," kata Erina. (yud)

Baca Inspiring Beauty Tribun Jogja edisi Minggu 20 Maret 2022 halaman 03

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved