Sambut Ramadan dengan Mengamalkan Doa-doa Ajaran Rasulullah

Menjelang bulan suci ini, Rasulullah mengajak kita untuk senantiasa menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kebaikan melalui beberapa doa-doa.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni

TRIBUNJOGJA.COM - Tak lama lagi umat muslim akan menyambut bulan Ramadan dan menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Menjelang bulan suci ini, Rasulullah mengajak kita untuk senantiasa menyambut bulan Ramadan dengan penuh kebaikan melalui beberapa doa-doa. 

Berikut adalah doa-doa untuk menyambut bulan Ramadhan agar ibadah kita diberkahi oleh Allah SWT.

Doa pertama adalah doa yang biasa dipanjatkan oleh para sahabat Nabi. 

Disebutkan dalam Kitab Majma' al- Ahbab dari Ubadah bin as-Shomit dari Nabi Muhammad SAW, bahwa ketika memasuki bulan Ramadhan, beliau berdoa :

Allahumma sallimni liramadhana wassalim ramadhana lii wassallimhu minni mutaqabball

Artinya : "Ya Allah berilah keselamatan kepadaku untuk (menghadapi) Ramadhan. Berilah kesejahteraan Ramadhan untukku dan terimalah ibadah Ramadhan dariku". 

Doa selanjutnya, bersumber dari H.R Ahmad no. 888

"Allahuakbar, Ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami

menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau Ridhai, Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan) adalah Allah".

Doa berikutnya, datang dari H.R Muslim 

"Ya Allah, berilah aku keimanan, keselamatan dan keislaman, kesehatan yang besar, kekebalandari penyakit, dan kebolehan untuk membaca Al-Qur'an.

Ya Allah berilah daku keselamatan di bulan Ramadhan. Terimalah seluruhnya ibadah puasaku dan ibadah ibadah lain di bulan Ramadhan, maka bila Ramadhan berlalu dariku, Engkau sudah memaafkan dan mengampuni dosa-dosaku". 

Doa-doa tersebut, dapat dibaca setelah sholat fardhu atau setelah sholat sunnah. 

Mari amalkan doa-doa menjelang bulan Ramadhan, agar kita umat muslim selalu mendapat keberkahan saat bulan Ramadhan telah tiba. (MG/YASYFA SALSABILA)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved