Berita Kota Yogya Hari Ini

Dekatkan Akses ke Masyarakat, Pemkot Yogyakarta Gelar Vaksinasi Booster Covid-19 di Kelurahan

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggenjot vaksinasi booster Covid-19 sepanjang Maret 2022. Upaya percepatan pun dilangsungkan

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
ilustrasi : vaksin booster 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggenjot vaksinasi booster Covid-19 sepanjang Maret 2022.

Upaya percepatan pun dilangsungkan dengan membuka sentra vaksinasi di tingkat kelurahan.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, perubahan aturan mengenai durasi dosis kedua, dan ketiga yang jadi tiga bulan, harus direspons.

Baca juga: TPST Piyungan Tutup Tiga Hari, Pemkot Yogyakarta Minta Warganya Menahan Sampah di Rumah 

Sebab, saat jangka waktu masih enam bulan, pelambatan vaksinasi booster jelas dirasakannya.

"Kendala kita kemarin memang itu, makanya sekarang kita turun ke bawah, melakukan percepatan. Harapannya, per akhir bulan Maret nanti, dosis vaksin yang ada bisa kita habiskan semua," tegas Heroe, Jumat (18/3/2022).

Alhasil, selain tersedia di rumah sakit, XT Square, hingga Puskesmas, vaksinasi dosis ketiga ini, juga bisa didapatkan lewat kantor-kantor kelurahan. 

Sehingga, Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut berujar, warga masyarakat otomatis makin leluasa untuk mengakses vaksin booster.

"Kemarin waktu masih enam bulan jaraknya kan terlihat lambat sekali. Tapi, begitu diubah tiga bulan, jadi semakin cepat. Sudah sekitar 56 persen itu," terangnya.

Baca juga: Panen Cabai Melimpah Saat Off Season, Bupati Sleman: Petani Milenial Harus Berani Ambil Risiko 

"Makanya, (sentra vaksinasi) di kelurahan kita hidupkan kembali, karena kita ingin mendekatkan layanan vaksin ke masyarakat, biar lebih mudah, ya," imbuh Heroe.

Dengan begitu, ia berharap, pelandaian kasus Covid-19 yang akhir-akhir ini mulai terlihat, bisa dibarengi dengan percepatan vaksinasi booster bagi masyarakat.

Apalagi, momentumnya kini bertepatan dengan beberapa hari menjelang bulan suci Ramadan awal April 2022.

"Sekarang sebisa mungkin kita percepat. Kemudian, saat Ramadan dan Idul Fitri nanti, kondisinya sudah landai, dan masyarakat punya kekebalan yang lebih mumpuni. Maka, sekarang kita fokuskan itu," pungkasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved