Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Tersangka Korupsi Oknum Kades di Windusari Resmi Ditahan Kejari Kabupaten Magelang

Pelaku menyuruh masyarakat Desa Mangunsari mengajukan pinjaman dana bergulir yang kemudian uang hasil pencairannya digunakan untuk kepentingan pribadi

istimewa
Tersangka Korupsi Oknum Kades di Windusari Resmi Ditahan Kejari Kabupaten Magelang, pada Selasa (15/03/2022) 

Laporan Reporter Tribum Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Tersangka korupsi yang dilakukan oknum Kepala Desa (Kades) Mangunsari, Kecamatan Windusari, Magelang periode 1999 - 2013 yakni L (51) resmi ditahan oleh pihak kejaksaan negeri (Kejari) Kabupaten Magelang .

Setelah, penyidik Satreskrim Kepolisian Resor Magelang menyerahkan berkas perkara tahap kedua (penyerahan tanggungjawab tersangka dan barang bukti) kepada Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang dalam kasus  korupsi tersebut.

Tersangka L(51) langsung ditahan oleh Penuntut Umum dan dititipkan di rumah  tahanan Mapolres Magelang .

Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Magelang , Christian Erriwibowo didampingi Kasi Intel Kejaksaan Kejari Kabupaten Magelang Diky Wahyu membenarkan Polres Magelang telah menyerahkan berkas perkara tahap dua kasus tindak pidana korupsi dengan tersangka L(51).

Baca juga: Korupsi Uang Negara Ratusan Juta untuk Usaha Tembakau, Oknum Kades Magunsari Diamankan

“Iya penyerahan berkas perkara tahap dua tindak pidana korupsi dan tersangkanya dari Polres Magelang sudah kami terima tadi,” ujar Christian dalam keterangan resminya pada Rabu (16/03/2022)

Ia menegaskan dengan demikian tersangka L(51), mulai sekarang sudah menjadi tahanan Kejaksaan hingga 20 hari kedepan. 

“Untuk sementara tersangka kami titipkan di tahanan Mapolres Magelang . Dalam waktu itu Kejaksaan menyiapkan administrasi kelengkapan pelimpahan ke Pengadilan Tipikor di Semarang,” katanya.

Akan tetapi pelimpahan ke Pengadilan Tipikor bisa lakukan sebelumnya jika semua administrasi selesai sebelum 20 hari.

“Lebih cepat lebih baik. Tinggal kami menunggu jawal sidangnya dari Pengadilan Tipikor,” jelasnya.

Baca juga: Polisi Gelar Perkara Kasus Nurhayati yang Dijadikan Tersangka Setelah Laporkan Korupsi Kades

Diketahui sebelumnya Polres Magelang berhasil mengungkap kasus tindak pidana korupsi pada kegiatan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Windusari, Magelang yang mengakibatkan kerugian negara  sebesar Rp314.080.000.

Kasus tersebut berawal pada tahun 2012 di mana UPK “LESTARI” Kecamatan Windusari, Magelang melaksanakan kegiatan perguliran sektor ekonomi Progam Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di mana dananya bersumber dari APBD maupun APBN yang dikelola oleh UPK. 

Tersangka yang waktu menjabat sebagai Kepala Desa telah mengkondisikan dan menyuruh anggota kelompok masyarakat Desa Mangunsari untuk mengajukan pinjaman dana bergulir yang kemudian uang hasil pencairannya diminta dan digunakan untuk kepentingan pribadi. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved