Khasiat Tanaman Herbal untuk Jaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Di antara tanaman herbal yang memiliki khasiat baik untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh adalah kunyit, jahe maupun temulawak.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Dialog virtual bertajuk Strategi Memenangkan Pertempuran: Tinjauan Kesehatan dan Sosial Budaya dalam Penanganan Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM - Beberapa jenis tanaman herbal diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Menjaga kesehatan menjadi hal yang penting agar tubuh tidak mudah terserang virus maupun penyakit lain.

Di antara tanaman herbal yang memiliki khasiat baik untuk menjaga kesehatan tubuh adalah kunyit, jahe maupun temulawak.

Tak bisa dipungkiri, tanaman-tanaman itu juga merupakan bahan yang biasa menjadi bahan utama jamu tradisional atau campuran untuk menyedapkan masakan.

Tanaman herbal tersebut juga memiliki khasiat yang oleh para pemerhati dan pakar bidang herbal dinilai cukup ampuh menjaga imunitas tubuh.

Seperti yang diungkap para dokter dan pemerhati herbal dari perusahaan rintisan (startup) Widya Herbal melalui dialog virtual bertajuk 'Strategi Memenangkan Pertempuran: Tinjauan Kesehatan dan Sosial Budaya dalam Penanganan Covid-19', yang digelar pada Kamis 3 Maret 2022.

"Penyakit akibat virus memang pada umumnya merupakan ‘self limiting disease’ yang mengandalkan kekuatan pertahanan tubuh," ungkap CPO Widya Herbal Indonesia apt. Risa Umari Yuli Aliviyanti, M.Pharm.,Sci yang menjadi moderator di acara tersebut.

Sehingga, lanjut Risa, dalam situasi pandemi yang belum diketahui kapan berakhirnya ini, setiap orang mau tak mau harus bisa menjaga kekuatan pertahanan tubuhnya agar tak mudah terpapar.

"Meningkatkan imun bisa dilakukan dengan tanaman herbal," kata dia.

Lebih rinci, dokter Natalia yang merupakan dokter Widya Herbal Indonesia mengungkap ada cara mandiri menanggulangi pandemi dengan menaikan sistem imun tubuh.

"Dengan menggunakan tanaman obat yang diolah menjadi obat herbal yang sudah terstandarisasi dan memiliki sertifikasi serta izin sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Natalia.

Misalnya saja tanaman kunyit yang bersifat anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas selain memiliki sifat anti inflamasi untuk mengatasi peradangan.

Lalu ada pula Jahe Merah yang memiliki kandungan tonikum untuk memperbaiki sel otot. Sedangkan Jahe Putih memiliki senyawa gingerol untuk anti inflamasi atau radang flu.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan kencur yang selain mengandung senyawa anti oksidan juga bisa sebagai pereda batuk dan meningkatkan energi tubuh.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved