Hasil Survei LSN Soal Pilpres 2024, Prabowo Subianto Unggul, Lalu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

Dalam survei yang dilaksanakan pada 12-14 Februari 2022 di 34 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia, posisi pertama ditempati oleh Prabowo Subianto.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
kolase/dok Tribunnews.com
Jika Maju Pilpres, Prabowo, Anies, Ganjar, Siapa Menang? Ini Peta Elektabilitas 5 Lembaga Survei 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Hasil survei elektabilitas calon presiden yang dilaksanakan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN) tak berbeda jauh dengan hasil darii lembaga survei lainnya.

Dalam survei yang dilaksanakan pada 12-14 Februari 2022 di 34 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia, posisi pertama ditempati oleh Prabowo Subianto.

Kemudian di posisi kedua ada nama Anies Baswedan dan ketiga ada nama Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry dalam rilis survei secara virtual, Kamis (3/3/2022) menyebutkan dalam surveinya, responden diberi pertanyaan siapa sosok yang layak menggantikan presiden Jokowi untuk menjadi Presiden RI 2024-2029.

"Kepada responden ditanyakan siapa sosok yang layak menggantikan Jokowi untuk menjadi Presiden RI 2024-2029, maka hasilnya 21,9 persen responden menyebut nama Prabowo Subianto," kata Gema dikutip Tribunjogja.com dari Tribunnews.com.

"19,2 persen memilih Anies Baswedan dan 18,8 persen memilih Ganjar Pranowo," lanjutnya.

Sementara, nama lain yang dipilih publik ada Sandiaga Uno 8,7 persen, Ridwan Kamil 7,5 persen dan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok dengan 3,9 persen.

Nama berikutnya adalah Erick Thohir dengan 2,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 2,6 persen, Moeldoko 2,5 persen, Gatot Nurmantyo 1,9 persen, Airlangga Hartarto 0,9 persen, Muhaimin Iskandar 0,6 persen hingga Puan Maharani 0,3 persen.

Baca juga: Survei SMRC : Anies Bisa Menang di Pilpres 2024, Jika . . .

Baca juga: Pilpres 2024: Ganjar Pranowo Posisi Teratas Menurut Survei Indopol, Cek Peringkat 22 Tokoh Lainnya

Sedangkan, sebanyak 6,9 persen responden belum menentukan pilihannya.

"Yang menarik dari data ini adalah masuknya nama Moeldoko di 10 besar elektabilitas, serta mencuatnya nama Erick Thohir mengungguli elektabilitas tokoh-tokoh lama di papan survei seperti Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Menko polhukam Mahfud MD hingga ketua DPR Puan Maharani," ucap Gema.

Sebagai informasi, Survei Lembaga Nasional (SLM) ini dilakukan 12 - 24 Februari 2022 di 34 Provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Jumlah sampel sebesar 1537 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error kurang lebih 2,5 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner dalam format google form. (*)

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved