Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

SMA Negeri 1 Bantul Jadi Sekolah Ramah Anak, Bupati Abdul Halim Berikan Apresiasi

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi kepada SMA Negeri 1 Bantul atas capaiannya sebagai sekolah ramah anak lewat pembinaan konseling.

Penulis: DNA | Editor: MGWR
Dok. Pemkab Bantul / Tribun Jogja
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyapa sekolah peserta deklarasi Sekolah Ramah Anak. 

TRIBUNJOGJA.comBupati Bantul Abdul Halim Muslih mengapresiasi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Bantul atas capaiannya sebagai sekolah ramah anak lewat pembinaan konseling pendidikan yang diberikan kepada siswa.

"Bimbingan konseling di SMA 1 bisa dijadikan role model atau panutan guru kepada siswa melalui koordinasi. Saya mengucapkan selamat atas prestasi SMA Negeri 1 Bantul. Terus semangat memperbaiki role model bagi pendidikan,” katanya dalam siaran pers yang diterima Tribunjogja.com, Selasa (22/2/2022).

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Abdul usai acara “Deklarasi Akbar Sekolah Ramah Anak” di Gedung Induk Lantai Tiga, Perkantoran Bupati Bantul, Selasa. 

Pada kesempatan itu, ia menyempatkan bertanya kepada perwakilan guru dari sekolah SMA Negeri 1 Bantul mengenai cara sekolah tersebut dalam memberikan konseling. 

Adapun jawaban perwakilan guru SMA Negeri 1 Bantul dalam memberikan bimbingan konseling kepada siswa dinilai sangat menarik.

Pasalnya, sekolah ramah anak ini menyatakan bahwa guru berperan aktif berkomunikasi kepada siswa mengenai minat anak didiknya pada penjurusan dan pemilihan untuk berkarir dalam jangka panjang.

Tak hanya komunikasi kepada anak didik, pihak SMA Negeri 1 Bantul juga melibatkan orangtua siswa untuk berdiskusi bersama guru mengenai minat putra-putrinya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul sendiri terus berupaya mewujudkan Bantul sebagai kabupaten layak anak dari level madya hingga level tertinggi pada 2024. 

Upaya tersebut salah satunya dilakukan Pemkab Bantul melalui kegiatan Deklarasi Sekolah Ramah Anak. Kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan daerah Kabupaten Bantul sebagai kabupaten layak anak.

Untuk diketahui, deklarasi sekolah ramah anak diikuti oleh seluruh sekolah lintas jenjang. Tercatat ada 475 sekolah mengikutinya secara daring dan 1016 lembaga dari semua jenjang.

Lintas jenjang sekolah tersebut mulai dari lingkup pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga tingkat madrasah maupun SMA, dan sekolah luar biasa (SLB) di seluruh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) se-Kabupaten Bantul hingga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain siswa, acara deklarasi ramah tamah anak diikuti pula oleh seluruh guru di Bantul dan DIY dari semua lingkup jenjang pendidikan baik secara daring maupun streaming.

Sebagai informasi, kegiatan deklarasi ramah tamah anak dibuka oleh Kepala Dispora Bantul Isdarmoko dan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih sebagai pemberi sambutan.

Acara itu juga dihadiri segenap jajaran satuan pendidikan, mulai dari Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Bantul, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, hingga guru-guru di setiap satuan pendidikan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved