Hasil Survei Litbang Kompas : Partai Demokrat Masuk 3 Besar, Prabowo Subianto Tetap Teratas

Elektabilitas Partai Demokrat sebesar 10,7 persen atau naik 5,3 persen dibandingkan pada Oktober 2021 silam.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
internet
Partai Demokrat 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Elektabilitas Partai Demokrat mengalami peningkatan cukup signifikan dalam survei yang dilaksanakan oleh Litbang Kompas.

Dalam survei yang dilaksanakan pada 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1200 responden tersebut, elektabilitas Partai Demokrat sebesar 10,7 persen atau naik 5,3 persen dibandingkan pada Oktober 2021 silam.

Secara nasional, elektabilitas Partai Demokrat menempati urutan ketiga di bawah PDIP yang elektabilitasnya sebesar 22,8 persen dan Partai Gerindra dengan elektabiltas 13,9 persen.

Kenaikan posisi Demokrat ini juga beriringan dengan turunnya Partai Golkar ke peringkat empat dengan 8,6 persen dan PKS dengan 6,8 persen.

Litbang Kompas mencatat, lonjakan signifikan Demokrat ini banyak berhubungan dengan kemenangan upaya hukum terkait status pengurus partai.

"Tampaknya mesin politik Demokrat intensif menggalang kembali simpati sosial dengan sering tampilnya Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono menanggapi isu-isu viral, seperti Badan Otoritas IKN, APBN IKN, dan isu Jaminan Hari Tua (JHT)," catat Litbang Kompas seperti yang dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

Sementara untuk elektabilitas calon presiden, survei Litbang Kompas menempatkan Prabowo Subianto di posisi pertama.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapat nilai elektabilitas tertinggi dengan 26,5 persen, bertambah dua kali lipat dibanding Oktober 2021.

Kenaikan elektabilitas ini tak lepas dari lonjakan dukungan dari berbagai wilayah.

Di Maluku dan Papua, misalnya, Litbang Kompas mencatat bahwa elektabilitas Prabowo meningkat tajam menjadi 32,3 persen, dari 9,1 persen pada Oktober 2021.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved