Berita Kulon Progo

Kemenag RI : Pemberangkatan Haji 2022 Tunggu Keputusan Arab Saudi, Besaran Biaya Rp 45 Juta

Pemberangkatan jemaah haji pada 2022 menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah, Kemenag RI, Hilman Latief saat mengunjungi Kankemenag Kulon Progo, Jumat (18/2/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pemberangkatan jemaah haji pada 2022 menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi. 

Namun besaran biaya pelaksanaannya sekitar Rp 45 Juta. 

Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU), Kemenag RI, Hilman Latief mengatakan biaya haji tersebut dihitung dengan melihat kebutuhan dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. 

Baca juga: Menag Usulkan Besaran Biaya Haji 1443 H Menjadi Rp 45 Juta

"Namun pemberangkatannya, kita masih menunggu keputusan resmi dari Arab Saudi. Apakah nanti diperbolehkan masuk atau tidak, tergantung dari kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini," kata Hilman di sela peninjauan calon lokasi Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kulon Progo , Jumat (18/2/2022). 

Kendati demikian, pelaksanaan umrah tetap berjalan.

Meski terdapat jemaah yang terkonfirmasi positif Covid-19 .

Namun permasalahan tersebut bisa diatasi. 

"Dipastikan saat pulang ke rumah, mereka dalam kondisi sehat dan tidak menularkan virus ke keluarganya. Umrah ini bisa sebagai persiapan mental mengikuti haji ke depan," ucapnya. 

Kepala Kankemenag Kulon Progo , Wahib Jamil melanjutkan, pihaknya telah berupaya memberikan pembinaan skala berkala terhadap jemaah haji di wilayahnya. 

Baca juga: Penjelasan Menteri Agama Terkait Pelaksanaan Ibadah Haji 2022, Jumlah Kuota hingga Besaran Biaya

"Kami telah memprogramkan Haji Sinau Agama (Haji Siaga). Kemudian untuk pendaftaran haji kami menggandeng KUA. Melihat kondisi geografis Kulon Progo berada di dataran tinggi. Sehingga jemaah bisa datang langsung ke KUA untuk dibantu mendaftarkan," ucapnya. 

Data dari PHU Kulon Progo, total ada 253 jemaah haji.

Namun ada sembilan orang yang meninggal dan satu dibatalkan.

"Ada juga lima orang selesai proses pelimpahan ke ahli waris, tiga orang dalam proses pelimpahan, satu orang sakit terus dilimpahkan ke ahli waris," kata Wahib. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved