Waspadai Omicron, Masyarakat Perlu Konsumsi Vitamin E untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Gaya hidup kurang sehat menjadi salah satu pemicu lemahnya sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gaya hidup kurang sehat menjadi salah satu pemicu lemahnya sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang.

Ironisnya, masih banyak masyarakat yang menerapkan gaya hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga dan serta tidak mengkonsumsi nutrisi seimbang yang diperlukan oleh tubuh.

Dengan begitu, tubuh menjadi rentan kekurangan vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dr Prasna Pramita SpPD K-AI MARS FINASIM mengatakan, pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Di dalam tubuh sendiri, kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfokus pada zat asing tertentu, yang dinamakan B-Cell dan T-Cell yang salah satu fungsinya adalah memproduksi antibodi.

“Sistem kekebalan tubuh terhadap organisme berbahaya seperti bakteri dan virus, dikawal oleh sel yang disebut B-Cell dan T-Cell. B-Cell berfungsi sangat penting sebagai garda penting memerangi patogen berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh, termasuk virus,” ujarnya.

Baca juga: Terjadi Penularan Covid-19 di 16 Sekolah Kota Magelang, Disdikbud Akan Hentikan Seluruh PTM 

Ia mengatakan hal tersebut dalam konferensi pers virtual ‘Nyaman Beraktivitas di Tengah Varian Omicron’, Rabu (16/2/2022).

Dilanjutkannya, T-Cell melakukan fungsinya sebagai sel yang memerangi sumber penyakit dalam jangka waktu yang lebih lama.

T-Cell akan lebih lama mengingat dan mengenali patogen berbahaya. Namun, keduanya sangat penting dalam pertahanan kekebalan tubuh manusia.

“Cara utama untuk melindungi diri dari penyakit adalah dengan memiliki daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang kuat. Daya tahan tubuh jadi garda pertahanan pertama dari berbagai virus yang menyerang tubuh,” paparnya.

Dia mengingatkan, salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi nutrisi seimbang.

Apabila asupan nutrisi kurang seimbang dalam mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi suplemen yang tepat bisa menjadi solusi dalam menjaga kondisi tubuh, dan juga sel-sel yang berperan menjaganya.

“Dari beberapa penelitian, Vitamin E berperan penting dalam mengoptimalkan kondisi B-Cell dan T-Cell,” tambah Prasna.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved