Pustakawan Itu Bukan Penjaga Perpustakaan, Lho!

Karena tugas kepustakawanan diantaranya berkisar pada kegiatan ilmiah dan professional. Mulai dari pengelolaan, pelayanan dan pengembangan sistem

Ist
Dwi Lestari, Pustakawan ITNY 

*Oleh : Dwi Lestari, Pustakawan ITNY


JADI pustakawan itu tidak  hanya  menjaga perpustakaan dan duduk-duduk di belakang meja. Lebih dari itu. Karena kerja di  perpustakaan harus bisa menjaga keberlangsungan hidup perpustakaan itu sendiri sehingga pemustaka (pengunjung perpustakaan) merasa puas dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Karena tugas kepustakawanan diantaranya berkisar pada kegiatan ilmiah dan professional. Mulai dari pengelolaan, pelayanan dan pengembangan sistem.

Dalam hal pengelolaan, mungkin kita bisa melihat bagaimana buku-buku dan juga bahan bacaan di perpustakaan yang ada didata, disusun, diklasifikasi dan diberi nomor agar mudah dalam pencarian.

Tahu kan? Pustakawan itu adalah seseorang yang menyelenggarakan kegiatan perpustakaan dengan jalan memberikan layanan kepada pemustaka sesuai dengan lembaga induknya berdasarkan ilmu yang dimiliki melalui pendidikan.

Jadi menurut definisi tersebut maka, seseorang yang berkeinginan menjadi pustakawan atau penyelenggara suatu perpustakaan adalah orang yang harus memiliki pendidikan tertentu.

Kecuali pengelola yang bersangkutan sudah belajar secara mandiri (otodidak) mengenai penyelenggaraan suatu perpustakaan (pusat informasi)

Mendengar kata ‘Perpustakaan” bagi  sebagian orang pasti dalam benaknya adalah tempat menyimpan buku-buku usang yang berdebu dengan cahaya remang-remang.

Apalagi ditambah dengan pustakawannya yang judes dengan kacamata yang tebal. Dalam benaknya juga, pustakawan mungkin juga sebagai manusia yang aneh.

Adalah pekerjaan yang tidak ringan untuk bisa menjadi  pustakawan  yang transformative. Yaitu pustakawan yang memiliki ciri-ciri adaptif, fleksibel dan inspiratif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved